Penulis / NIM
YIFKAN HULALATA / 131408190
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Yifkan Hulalata. 2012. Kompetensi Profesional Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran SDN Gugus III Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolmong Utara. Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asrin, M.Pd, dan Pembimbing II Warni T. Sumar, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah pembinaan kompetensi profesional guru dalam mengelola program pembelajaran, mengelola kelas, menilai pretasi siswa, dan melakukan tindak lanjut di SDN Gugus III Kecamatan Bolangintang Barat Kabupaten Bolmong Utara. Adapun tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan pembinaan kompetensi pedagogik guru dalam mengelola program pembelajaran, mengelola kelas, menilai pretasi siswa, dan melakukan tindak lanjut di SDN Gugus III Kecamatan Bolangintang Barat Kabupaten Bolmong Utara.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gugus III Kecamatan Bolaangitang Barat Kabupaten Bolmong Utara, dengan rentang waktu selama 3 bulan yakni Mei sampai Juli 2012. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskripitif. Instrumen dalam menjaring data menggunakan notes dan angket (kuesioner). Instrumen angket menggunakan empat kriteria yakni selalu, sering, kadang-kadang, dan tidak pernah. Variabel penelitian didasarkan pada indikator penelitian sesuai fokus masalah. Populasi dan sampel penelitian merupakan guru sebanyak 73 dari 6 sekolah dasar negeri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan rumus tabulasi statistik sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa Kemampuan guru mengelola program pembelajaran di Gugus III Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat digambarkan bahwa secara keseluruhan atau kumulatif jumlah nilai sebesar 1680 dengan persentase sebesar 95,88% dan diberikan klasifikasi sangat baik. Kemampuan guru mengelola kelas di Gugus III Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat digambarkan bahwa secara keseluruhan atau kumulatif jumlah skor sebesar 1898 dengan persentase sebesar 92,29% dan diberikan klasifikasi sangat baik. Kemampuan guru mengevaluasi hasil belajar siswa di Gugus III Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara bahwa secara keseluruhan atau kumulatif jumlah skor sebesar 1605 dengan persentase sebesar 91,58% dan diberikan klasifikasi sangat baik. Kemampuan dalam melakukan tindak lanjut terhadap hasil pembelajaran di Gugus III Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara bahwa secara keseluruhan atau kumulatif jumlah skor sebesar 1567 dengan persentase sebesar 93,25% dan diberikan klasifikasi sangat baik.
Kompetensi profesional guru dalam mengelola pembelajaran bukan sekadar tanggung jawab pengawas, kepala sekolah, atau kelompok kerja guru (KKG), melainkan merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Secara proporsional wujud tanggung jawab ini jelas berbeda. Ada yang secara langsung dan ada pula secara tidak langsung.
Dengan demikian, rekomendasi atas hasil penelitian ini adalah dapat menjadi acuan, rujukan, bahan informasi, dan bahan latihan untuk berpikir ilmiah dalam mengembangkan konsep kompetensi profesional guru sekolah dasar dalam menunjang dan menjamin mutu pendidikan.
Kata Kunci: kompetensi, profesional, guru
Download berkas