Penulis / NIM
YULIN HIDIN / 131408193
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Yulin Hidin. 2012. Penerapan Model Cooperatif profesional Development di SMKN 2 Gorontalo. Skripsi, Jurusan manajemen pendidikan, fakultas ilmu pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing:(1) Dr. Asrin M.Pd.
(Besse Marhawaty M.Pd.
Penelitianinibertujuanuntukmendapatkangambaranumumtentangpenerapan model CPD dalampelaksanaan supervise di SekolahMenengahKejuruan (SMK) Negeri 2 Gorontalo, denganFokus penelitian: (1) Penerapan Model Cooperatif Profesional Development, (2) Prosedur penerapan model CPD, (3) Evaluasi penerapan model CPD dalam pelaksanaan supervisi. Berdasarkan Fokus penelitian maka peneliti dapat mendeskripsikan tujuan penelitian sebagai berikut:Penelitian ini bertujuan. 1). Untuk mengetahui bagaimana Perencanaan, PelaksanaandanEvaluasi Model CPD dalampelaksanaan supervise di SekolahMenegahKejuruan (SMK) Negeri 2 Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data di lakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan penelitian menggunakan tehnik Purposif sampling dan snowbell sampling. Data yang di terkumpul di analisis secara deskriptif dengan alur (a) reduksi data, (b) pengkajian data, (c) penarikan kesimpulan atau perivikasi. Agar memperoleh hasil yang maksimal maka peneliti menggunakan tehnik kredibilitas, transfermabilitas, dependability, dan konfermabilitas.
Berdasarkan data yang di perolehdarilapanganmakapenelitidapatmenarikkesimpulanbahwahasilpenelitianinimenunjukkan : 1). Perencanaanmodel CPD disusun di mana dua atau lebih guru menyetujui bekerja bersama-sama untuk pertumbuhan profesional, yang pada umumnya dilakukan dengan pengamatan kelas satu sama lain, memberi umpan balik satu sama lain tentang pengamatan, dan berdiskusi tentang profesi mereka. Prosedur Penerapan CPD dalam pelaksanaan supervise dilakukanmelaluikunjungankelas, umpanbalik, dantindaklanjut. Evaluasi di laksanakandenganberdiskusidengantim CPD mengenaihasilpengamatan, membahasinformasidan data tentangpembelajaran, memberikanpembinaanmelaluirapatsatfdewan guru.
Saran yang dapatdikemkakanpenelitidarihasilpenelitianiniadalah sebagai berikut : (1) Bagi kepala sekolah selaku supervisor di sekolah agar lebih memperhatikan pertumbuhan profesionalisme guru melalui pelaksanaan CPD. (2) Bagi guru agar secara terus-menerus menumbuhkan profesionalitas seiring dengan perkembangan tekhnologi agar dapat memberikan bantuan kepada peserta didik secara profesional dalam proses pembelajaran, (3) Bagi peneliti, agar dapat meningkatkan penelitian selanjutnya untuk menghasilkan data yang valid.
Kata Kunci: Penerapan, model cooperatif profesional development, dan supervisi
Download berkas