Penulis / NIM
ELIS SAHARI / 131408204
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Abstrak
ABSTRAK
Elis Sahari. 2012. Pengelolaan Praktek Kerja Lapangan dalam Pembinaan Jiwa Kewirausahaan Siswa SMK Negeri I Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. (SKRIPSI: Dibimbing oleh Dr. Fadliah, M.Si dan Drs. H. Muh. Polinggapo,S.Sos, M.Pd).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan program praktek kerja lapangan yang ditempuh sekolah dalam pembinaan jiwa kewirausahaan siswa di SMK Negeri 1 Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo.(2) Mendeskripsikan pelaksanaan program praktek kerja lapangan yang ditempuh sekolah dalam pembinaan jiwa kewirausahaan siswa di SMK Negeri 1 Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo.(3) Mendeskripsikan Evaluasi program praktek kerja lapangan yang ditempuh sekolah dalam pembinaan jiwa kewirausahaan siswa di SMK Negeri 1 Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. (4) Mendeskripsikan dampak hasil praktek kerja lapangan dalam pembinaan jiwa kewirausahaan siswa di SMK 1 Negeri Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis narasi.
Hasil peneliitan ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan Praktek Kerja Lapangan melalui sistem dan mekanisme evaluasi dilaksanakan dengan menyusun berbagai pedoman dan instrumen sesuai dengan Standar Proses Evaluasi dan arahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). (2) Pelaksanaan PKL meliputi penyusunan dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi proses dan hasil PKL.(3) Evaluasi pengelolaan PKL meliputi mekanisme dan aspek-aspek yang dinilai yaitu pedoman yang menjadi acuan dalam pengelolaan evaluasi PKL adalah pedoman penilaian pembeljaran sekolah menengah kejuruan (SMK) berbasis KTSP. (4) Dampak hasil PKL dalam membina jiwa kewirausahaan siswa telah dibentuk melalui penguasaan pengetahuan, keterampilan, sikap, komitmen dan tanggung jawab, keberanian mengambil resiko dlam berwirausaha, serta terbentuknya perilaku berwirausaha.
Untuk itu disarankan: (1) Hendaknya pihak Dinas Pendidikan memberikan pembinaan dan mendorong sekolah untuk melibatkan masyarakat dalam kegiatan evaluasi PKL mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi keberhasilan PKL. (2)Hendaknya pihak sekolah pengawas dan komite sekolah, serta stakeholder/tokoh-tokoh masyarakat dalam evaluasi PKL.(3)Hendaknya guru bidang studi memberikan pembinaan pemantapan secara berkesinambungan bagi siswa sebelum dan setelah melaksanakan PKL, baik secara mandiri maupun kelompok yang bersifat internal dan eksternal sekolah.
Kata kunci: Pengelolaan, Praktek Kerja Lapangan, Kewirausahaan
Download berkas