Penulis / NIM
FARIDATUL IDA / 131408208
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
Ida Faridatul. 2014. Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Siswa SMA Terpadu Wira Bakti Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Arifin Suking, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Novianty Djafri, M.Pd. I
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran guru dalam pengembangan karakter siswa SMA Terpadu Wira Bakti Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; a) Peran guru sebagai pendidik dalam pengembangan karakter siswa SMA Terpadu Wira Bakti Gorontalo, ditunjukkan dengan peran memberi latihan dan peran memelihara, b) Peran guru sebagai pengajar dalam mengembangkan karakter siswa SMA Terpadu Wira Bakti Gorontalo ditunjukkan dengan peran memberi petunjuk, peran memfasilitasi dan peran memberi contoh, c) Peran guru sebagai pembimbing dalam mengembangkan karakter siswa SMA Terpadu Wira Bakti Gorontalo, ditunjukkan dengan peran memimpin, peran mengasuh dan peran mengarahkan, dan d) peran guru sebagai evaluator dalam pengembangan karakter siswa SMA Terpadu Wira Bakti Gorontalo, ditunjukkan dengan peran membuat instrumen dan peran melaksanakan penilaian secara kontinu.
Berdasarkan temuan tersebut maka disarankan beberapa hal sebagai berikut: a) guru perlu secara kontinu merancang dan melaksanakan program pendidikan karakter bagi siswa, sehingga penanaman nilai-nilai karakter akan semakin terpatri dalam diri siswa, 2) peningkatan kualitas karakter siswa dalam menerapkan nilai-nilai karakter tidak saja di sekolah, tetapi juga melibatkan keluarga maupun di lingkungan masyarakat dalam mengaktualisasikan nilai karakter pada siswa
Kata Kunci: Peran Guru, Pengembangan Karakter
Download berkas