Penulis / NIM
KAMSRI KADIMIN / 131408212
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
A B S T R A K
Kamsri Kadimin (Sri) 2012. Implementasi Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di SMP Muhammadiyah Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Manejemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd. M.Si dan Arifin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mengevaluasi diri sekolah di SMP Muhammadiyah Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo dengan fokus masalah yaitu evaluasi kekuatan dan kelemahan, evaluasi peluang dan kendala serta evaluasi strategi pengembangan sekolah dengan subtansi masalah yang diteliti yaitu evaluasi kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, ketenagaan, keuangan dan hubungan masyarakat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriftif untuk memperjelas dan menerangkan hasil penelitian yang dhadapi di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kekuatan dan kelemahan, peluang dan kendala serta strategi pengembangan yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Kecamatan Mootilango Kabupaten Gorontalo, baik dibidang kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, keuangan, ketenagaan maupun hubungan masyarakat, akan tetapi masih perlu pengembangan yang lebih optimal dimasa yang akan datang.
Kata Kunci: Implementasi, evaluasi diri sekolah
Download berkas