Penulis / NIM
SARINA SIMON MAHMUD / 131408221
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK
Sarina Mahmud. 2012. Implementasi Program Pengembangan Kompetensi Guru Di SDN I Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. (SKRIPSI: Dibimbing oleh Dr. Fadliah, M.Si dan Dr. Arwildayanto, M.Pd).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan program pengembangan kompetensi guru di SDN I Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo.(2) Mendeskripsikan pelaksanaan program pengembangan kompetensi guru di SDN I Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo.(3) Mendeskripsikan Evaluasi program pengembangan kompetensi guru di SDN I Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo. (4) Mendeskripsikan dampak program pengembangan kompetensi guru di SDN I Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis narasi.
Hasil peneliitan ini menunjukan bahwa: (1) perencanaan program pengembangan kompetensi guru teraktualisasi dalam penyusunan program yang dilaksanakan secara simultan dengan penyusunan program sekolah pada awal tahun ajaran.(2) pelaksanaan program pengembangan kompetensi guru teraktualisasi dalam penyiapan perangkat kegiatan mulai dari penyiapan materi sampai dengan instrumen evaluasi keberhaslan.(3) evaluasi program pengembangan kompetensi guru teraktualisasi dalam kegiatan monitoring dan evaluasi kegiatan pengembangan kompetensi guru, dengan unsur yang dilibatkan adalah kepala sekolah, guru, pengawas, koordinator KKG, panitia KKG dan diklat.(4) dampak program pengembangan kompetensi guru teraktualisasi dalam pengembangan kompetensi yang dilakukan sangat dirasakan manfaatnya oleh setiap guru, karena dapat memperbaharui wawasan, pengetahuan, dan keterampilan.
Untuk itu disarankan: (1) Hendaknya pihak Dinas Pendidikan memberikan pembinaan lebih luas dan dalam terhadap perencanaan program pengembangan kompetensi guru secara komprenhensif, sehingga seluruh kompetensi dapat diprogramkan secara tertulis (2) Hendaknya pihak sekolah melibatkan unsur-unsur yang terlibat dalam perencanaan program pada pelaksanaan dan evaluasi program kompetensi guru dilapangan.(3)Hendaknya pengawas sekolah memberikan pembinaan secara berkesinambungan baik dalam aspek perencanaan program kompetensi guru, secara komprehensif maupun pada pelaksanaan dan evaluasi program sehingga dapat dicapai hasil efektif dan efisien. (4) hendaknya para guru dapat selalu mengembangkan diri secara mandiri untuk meningkatkan kompetensi yang dipersyaratkan dikuasai untuk mencapai kemampuan profesional yang tinggi.
Kata kunci: Guru, Pengembangan Kompetensi
Download berkas