Penulis / NIM
MARYAM DJAFAR / 131408232
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Djafar. 2012. Kompetensi guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Muatan Lokal di SDN 2 Tridharma Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Arwildayanto, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran muatan lokal di SDN 2 Tridharma Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo, 2) mendeskripsikan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran muatan lokal di SDN 2 Tridharma Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo, serta 3) mendeskripsikan kemampuan guru dalam melaksanakan strategi evaluasi pembelajaran muatan lokal di SDN 2 Tridharma Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo.
Sumber data dalam penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, guru bahasa inggris, dan pengawas.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran muatan lokal lokal di SDN 2 Tridharma Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo diaktualiasikan melalui kemampuan guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan dan mengkoordinasikan materi dan media, kemampuan merencanakan scenario kegiatan belajar, merancang pengelolaan kelas, serta merancang prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian, 2) kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran muatan lokal di SDN 2 Tridharma Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo diaktualisasikan melalui kemampuan guru dalam mengelola ruang dan fasilitas pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, serta kemampuan untuk bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif peserta didik terhadap belajar, dan 3) Kemampuan guru dalam melaksanakan strategi evaluasi pembelajaran muatan lokal di SDN 2 Tridharma Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo diaktualisasikan melalui kegiatan evaluasi proses dan hasil belajar, tetapi belum melaksanakan program tindak lanjut berupa perbaikan dan pengayaaan pada mata pelajaran muatan lokal.
Terkait temuan penelitian disarankan; 1) perlu pembinaan secara intensif kepada guru tentang perlunya kegiatan perbaikan dan pengayaan dalam menindaklanjuti proses pembelajaran mulok, 2) perlu adanya pendampingan yang lebih intensif dari guru dalam pelaksanaan pembelajaran mulok sehingga dapat diberikan masukan yang objektif terkait pelaksanaan pembelajaran mulok, 3) Perlu dilakukan kegiatan KKG untuk membedah kurikulum muatan lokal dengan fokus pada strategi pelaksanaan perbaikan dan pengayaan mata pelajaran muatan lokal.
Kata Kunci: Kompetensi guru, muatan lokal
Download berkas