Penulis / NIM
SELFIANA MOODUTO / 131409004
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
Selfiana Mooduto, 2014. Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah dengan Perkembangan Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abdul Kadim Masaong, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Hj. Fory A.Naway, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang adanya hubungan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah dengan perkembangan karakter siswa di SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini dirancang sebagai jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara nyata kemampuan kepala sekolah dengan gaya transformasionalnya ikut menentukan perkembangan karakter siswanya dan budaya sekolah yang berlaku ikut menentukan perkembangan karakter siswanya. Dengan demikian gaya transformasional kepala sekolah bersama-sama dengan budaya sekolah ikut menentukan perkembangan karakter siswanya. Oleh karena itu, untuk meningkatkan perkembangan karakter siswa maka perlu dilakukan peningkatan kedua variabel tersebut yaitu gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya sekolah.
Kata Kunci: Gaya KepemImpinan Transformasional kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Perkembangan Karakter Siswa
Download berkas