Penulis / NIM
SRI WULAN PILOMONU / 131409012
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) standar isi, 2) standar proses, 3) standar kompetensi lulusan, 4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, 5) standar sarana dan prasarana, 6) standar pengelolaan, 7) Standar pembiayaan, 8) standar penilaianpendidikan. Desain penelitian ini bersifat studi evaluasi dengan jenis deskriptif menggunakan model evaluasi goal attainment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Standarisi sudah berjalan sesuai dengan prosedur yang berlaku, hal ini terlihat pada penerapan KTSP, adanya kegiatan remedial untuk semua mata pelajaran, serta penyusunan kalender pendidikan.2)Standar proses telah memenuhi criteria sesuai dengan prosedur, hal tersebut dapat terlihat dari penyusunan perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP yang dibuat oleh masing-masing guru kemudian ditindak lanjuti kegiatan evaluasi dan supervisi. 3) standar kompetensi lulusan,sudah memenuhi criteria sesuai dengan SPM hal ini terlihat dari adanya menentukan KKM di setiap mata pelajaran.4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, sudah berjalan sesuai dengan prosedur dalam SPM hal ini terlihat dari tenaga pengajar yang mencapai 98% berpendidikan sarjana. 5) standar sarana dan prasarana, sudah sesuai dengan standar pelayanan minimal hal ini terlihat pada bangunan serta fasilitas yang merupakan milik sendiri 6) standar pengelolaan,memenuhikriteriasesuaidenganprosedur ,halini terlihat pada kegiatan meliputi adanya rumusan visi dan misi, program kerja tahunan seperti penyusunan perangkat pembelajaran,kalender pendidikan dan struktur organisasi.7) Standar pembiayaan, sudah berjalan sesuai dengan prosedur hal ini dapat dilihat dari data pembayaran gaji.
Kata Kunci: Evaluasi,Standar Pelayanan Minimal
Download berkas