SKRIPSI

Penulis / NIM
FERAWATI IBRAHIM / 131409020
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
ABSTRAK Ferawati Ibrahim. 2015. Inovasi Pengawas Sekolah Dalam Mengembangkan Kreativitas Guru Di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo. Program Studi Manajemen Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Hj. Fory A. Naway, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi pengawas sekolah dalam mengembangkan kreatifitas guru mendesain pembelajaran, dalam melaksanakan proses pembelajaran, mengembangkan kreatifitas guru dalam melaksanakan/mengelola penilaian dan Kendala yang dihadapi pengawas mengembangkan kreatifitas guru. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui obervasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu; 1) Inovasi pengawas dalam mengembangkan kreatifitas guru mendesain pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo yaitu membimbing guru melalui pendampingan individu dan FGD (Fokus Grup Disscusion) melalui pembaruan sistem pengawasan secara individu dan kelompok maka hal ini tentunya lebih mengarahkan pada guru dalam mendesain pembelajaran. 2) Inovasi pengawas mengembangkan kreatifitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo yaitu pengawas mengajarkan model pembelajaran yang bervariasi, yang berubah yaitu model pembelajaran kooperatif terdiri dari tipe Jigsaw, STAD, Snowball Throwing dan Model pembelajaran SQ3R dengan memperhatikan langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran. Adapun pengawas tidak melakukan penataan kelas akan tetapi hanya memberikan saran kepada guru agar pembelajaran lebih menyenangkan bagi siswa. 3) Inovasi pengawas mengembangkan kreatifitas guru dalam melaksanakan/mengelola penilaian di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo Menggunakan instrument penilaian guru dalam pembelajaran yang meliputi nama guru, mata pelajaran, kelengkapan perangkat pembelajaran, program guru, program tahunan/semester, program pendidikan dan pengawas sering melakukan pengayaan terhadap guru, terutama pada guru yang masih mempunyai masalah dalam mengajar pengawas melakukan penilaian pada akhir semester atau setiap akhir program setiap semester setiap 1 tahun 2 kali dilaksanakan, semestser ganjil dan genap. 4) Kendala yang dihadapi pengawas mengembangkan kreatifitas guru di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo yaitu pengawas menghilangkan berbagai hamabatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar secara non akademis dengan melihat dulu latar belakang yang terjadi, apa factor-faktor penyebabnya kemudian menentukana solusi pemecahanya dibidang non akademik dan akademik. Kata Kunci : Inovasi Pengawas, Kreativitas Guru.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011