Penulis / NIM
INDAH SRI WAHYUNI RIDJAL / 131409030
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
BSTRAK
Indah Sri Wahyuni Ridjal, 2013. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Mengajar Guru di SMA Negeri Kota Kotamobagu. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Arwidayanto, M.Pd, Pembimbing II : Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan perilaku mengajar guru di SMA Negeri Kota Kotamobagu. Penelitian ini dirancang sebagai jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kecerdasan emosional guru di SMA Negeri Kota Kotamobagu sangat berpengaruh terhadap perilaku mengajar. 2) Perilaku mengajar guru di SMA Negeri Kota Kotamobagu telah dipengaruh oleh kecerdasan emosional akan tetapi terdapat faktor-faktor lain yang juga mempengaruhi perilaku mengajar dan tidak terdesain dalam penelitian ini. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku mengajar guru di SMA Negeri Kota Kotamobagu.
Untuk itu disarankan kepada : 1) Kepala sekolah mampu memberikan motivasi kepada guru sehingga meningkatkan perilaku mengajar. 2) Guru mampu meningkatkan perilaku mengajar yang professional serta menciptakan lingkungan yang kondusif bagi para siswa. 3) Pemerintah yang terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan Nasional agar lebih memperhatikan kinerja guru serta melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan perilaku mengajar guru.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Perilaku Mengajar guru.
Download berkas