SKRIPSI

Penulis / NIM
GUN ENDAPRYATNO KALE / 131409038
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Abstrak
ABSTRAK Gun Endapryatno Kale. 2013. Pengelolaan Soft Skills Siswa di SMA Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Dr. Fadliah, M.Si). Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk memperoleh gambaran mengenai perencanaan program Soft Skills siswa di SMA Negeri 1 Limboto. (2) Untuk mengetahui bagaimana prosedur pelaksanaan program Soft Skills siswa di SMA Negeri 1 Limboto. (3) Untuk memperoleh gambaran mengenai monitoring dan evaluasi program Soft Skills siswa di SMA Negeri 1 Limboto. (4) Untuk mengetahui keberlanjutan program Soft Skills siswa di SMA Negeri 1 Limboto. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, observasi, dan dokumen, jenis penelitian menggunakan rancangan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program Soft Skills dibahas melalui organisasi kesiswaan dan jenis-jenis program Soft Skills siswa adalah ekstrakurikuler serta pihak yang terlibat seluruh stakeholder. (2) Pelaksanaan program Soft Skills siswa didasarkan atas perencanaan yang telah tersusun, pihak terlibat adalah seluruh stakeholder, strategi digunakan adalah strategi motivasi, hal-hal menarik dan menyiapkan seluruh kebutuhan implementasi. (3) Monitoring dan evaluasi program Soft Skills siswa melalui pengamatan, melalui laporan dan system assessment berupa rubrik. Pihak terlibat aseluruh stakeholder, evaluasi dilakukan melalui ujian, rapat dan laporan pertanggung jawaban kegiatan. (4) Keberlanjutan program Soft Skills siswa yakni pihak terlibat adalah seluruh stakeholder dan keterlibatan sarana prasarana sangat mendukung. Untuk itu disarankan: (1) Untuk Kepala sekolah dan Guru dapat memberikan sebuah informasi bahwa peningkatan Soft Skills siswa harus dijalankan sebagaimana mestinya sesuai dengan pengelolaannya mulai dari perencanaan program, pelaksanaan program, monitoring dan evaluasi program serta keberlanjutan program agar daya saing siswa terhadap peningkatan mutu dan kualitas sekolah dapat terwujud. (2) Untuk siswa dapat memberikan sebuah sumber informasi tentang pedoman pengelolaan Soft Skills siswa secara baik dan harus selalu mengkoordinasikan setiap kegiatan mulai dari perencanaan program, pelaksanaan program, monitoring dan evaluasi program serta keberlanjutan program Soft Skills dengan pihak guru dan kepala sekolah. (3) Bagi peneliti dapat dijadikan pedoman untuk penelitian dimasa mendatang. Kata Kunci: Pengelolaan Soft Skills, Siswa, Ekstrakurikuler.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011