Penulis / NIM
HERLINA ABDULAH / 131409039
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Herlina Abdulah. 2014. Kepemimpinan Guru Di Kelas(StudiKasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Gorontalo) Skripsi: Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2014. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd Pembimbing II. Intan Abdul Razak S.Ag ,M.pd
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana Guru Memimpin Pembelajaran (2) mengetahui bagaimana Guru Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran (3) mengetahui bagaimana Guru Membimbing Siswa Mengatasi Masalah (4) mengetahui bagaimana Guru Memotivasi Siswa (5) mengetahui bagaimana Guru Mengevaluasi Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran Di Kelas dalam kepemimpinan guru di kelas (studikasus Di SekolahMenengahPertamaNegeri 6 Gorontalo).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan rancangan penelitian yaitu studi kasus. Data penelitian mengacu pada focus penelitian yang di desain melalui kisi-kisi instrumen, kemudian menggunakan pedoman wawancara yang disesuaikan dengan kisi-kisi instrument tersebut. Sumber data menggunakan tujuh informan yaitu: kepala sekolah, Wakasek bidang Kurukululm, Wakasek bidang Humas, Koor. BK/BP, guru wali kelas, guru mata pelajaran matematika, dan guru SBK. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data melalui analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Guru memimpin pembelajaran dikelas telah terlaksana dengan baik akan tetapi dalam proses pembelajaran guru sangat terganggu dengan lingkungan sekolah karena ruang belajar siswa sangat berdekatan dengan jalan raya, (2) Guru memfasilitasi siswa dalam pembelajaran juga telah terlaksana dengan baik, (3) Guru membimbing siswa mengatasi masalah juga telah terlaksana dengan baik akan tetapi guru harus lebih memberikan layanan dan perhatian serta bimbingan secara khusus kepada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), (4) Guru memotivasi siswa di kelas juga telah terlaksana dengan baik di kelas serta (5) Guru mengevaluasi kegiatan-kegiatan pembelajaran di kelas juga telah terlaksana dengan baik pula. Jadi Kepemimpinan Guru Di Kelas di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Gorontalo berlangsung dengan baik, meskipun guru tersebut masih menemukan hambatan-hambatan di dalam pelaksanaannya tetapi hambatan tersebut masih bisa di atasi. Ini berarti guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Gorontalo memiliki kemampuan (skill) yang cukup baik dalam menerapkan kepemimpinannya di kelas.
Untuk itu disarankan bagi guru agar lebih mengembangkan kepemimpinannya di dalam kelas sehingga bisa menjadi guru yang berkualitas
Kata kunci : Kepemimpinan Guru
Download berkas