SKRIPSI

Penulis / NIM
HEPY SATRIAWANDA PASAMBUNA / 131409042
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ARWILDAYANTO, S.Pd, M.Pd / 0015097511
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK Hepy S Pasambuna, 2013. Evaluasi Peran Kepala Sekolah di SMA Negeri Se Kota Kotamobagu. Skripsi, Strata I. Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Arwildayanto, M.Pd dan Pembimbing II, Arifin. S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Peran Kepala Sekolah Sebagai Educator, Manejer, Administrator, Supervisor, Leader, Innovator, Motivator Di SMAN Se Kota Kotamobagu. Desain penelitian bersifat pendekatan evaluasi dengan semi kuantitatif menggunakan model evaluasi goal attainment. Langkah-langkah pendekatan ini adalah : 1) penentuan tujuan penilaian. Tujuan ini harus menyatakan dengan jelas peran kepala sekolah, 2) Memilih, mengubah, atau menyusun alat penilaian dan menguji alat tersebut, 3) Menggunakan alat penilaian untuk memperoleh data, 4) Membandingkan data yang di peroleh dengan hasil penilaian sebelumnya yang memperoleh data, 5) Menggunakan data untuk membuat perubahan yang di anggap perlu dalam peran kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Peran kepala sekolah sebagai educator di peroleh hasil yang mencapai 97,91% di sebut dengan kategori sangat baik, 2) Peran kepala sekolah sebagai manejer di peroleh hasil yang mencapai 98,95% di sebut dengan kategori sangat baik, 3) Peran kepala sekolah sebagai administrator di peroleh hasil yang mencapai 93,97% di sebut dengan kategori sangat baik, 4) Peran kepala sekolah sebagai supervisor di peroleh hasil yang mencapai 69,79% di sebut dengan kategori cukup baik, 5) Peran kepala sekolah sebagai leader di peroleh hasil yang mencapai 93,75% di sebut dengan kategori sangat baik i, 6) Peran kepala sekolah sebagai Innovator di peroleh hasil yang mencapai 97,91% di sebut dengan kategori sangat baik, 7) Peran kepala sekolah sebagai Motivator di peroleh hasil yang mencapai 100% di sebut dengan kategori sangat baik Disarankan : 1) Bagi Dinas Pendidikan hendaknya mampu melakukan evaluasi peran kepala sekolah sehingga kepala sekolah bisa menjalankan tugasnya sesuai dengan yang telah di tetapkan, 2) Bagi Kepala Sekolah hendaknya mengetahu perannya sebagai peimpin di instantsi pendidikan atau sekolah sehingga mampu mengaplikasikannya kepada guru, staf maupun peserta didik. Kata kunci : Evaluasi, Peran Kepala Sekolah.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011