SKRIPSI

Penulis / NIM
FADLY SABIHI / 131409049
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Abstrak
ABSTRAK FADLY SABIHI 2015 Budaya Kerja Guru di SMA Negeri 3 Gorontalo. Program Studi S1 Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Fadliah M.SI, dan Pembimbing II. Dr. Asrin M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk : a)Untuk mengetahui Nilai-nilai kerja guru di SMA Negeri 3 Gorontalo, b)Untuk mengetahui Perilaku kerja guru di SMA Negeri 3 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dapat ditempuh dengan tiga cara yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Nilai-nilai kerja guru : a) religius : melaksanakan kegiatan di mushola, merayakan hari raya keagamaan sesuai dengan agamanya. b) kejujuran : membentuk karakter siswa memiliki sikap disiplin, jujur, mandiri, bertangungjawab dan memberi keteladanan kepada guru-guru untuk terus menerus menanamkan nilai-nilai kejujuran baik untuk dirinya (teman seprofesi), maupun peserta didiknya. c) toleransi : saling menghargai perbedaan agama, saling menghormati suku, etnis, saling menghargai pendapat. d) Tanggung jawab : melaksanakan pembinaan kurikulum, menuntun para siswa belajar, menganalisis kesulitan belajar, serta menilai kemajuan belajar para siswa 2) Perilaku kerja guru :a) Kedisiplinan : guru hadir disekolah 15 menit sebelum pelajaran dimulai 06.45, guru-guru sudah menggunakan check clock absen, memberikan informasi ketidak hadiran, menggunakan seragam yang diberikan sesuai harinya. b) Kerja keras : setiap guru bertanggung jawab memberikan bimbingan dan pengajaran kepada para siswa, guru-guru menggunakan waktu secara efektif untuk menyelesaikan tugas-tugas baik di dalam kelas maupun di luar kelas. c) Mandiri : guru-guru melakukan pembinaan terhadap diri siswa ( kepribadian, watak, dan jasmaniah), guru membimbing siswanya agar memperoleh keterampilan-keterampilan, pemahaman, perkembangan berbagai kemampuan, kebiasaan-kebiasaan yang baik dan turut membina kurikulum sekolah. d) Kerja sama :Agar terbentuk kerja sama yang baik, maka pemberian tugas tambahan tersebut harus didasarkan pada keahlian mereka masing-masing. Untuk itu disarankan 1) Untuk kepala sekolah diharapkan dapat menjadi pendorong dan penegak disiplin bagi para guru agar mereka mampu menunjukkan produktivitas kerjanya dengan baik dan harus memahami kebiasaan yang baik di sekolah untuk terus dikembangkan. 2) Untuk guru diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dan semangat bagi guru dalam mengembangkan budaya kerja guru yang ada di sekolah. 3) Bagi peneliti diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan yang terkait dengan penelitian tersebut, serta dapat menambah wawasan dalam pembuatan skripsi. Kata Kunci: Budaya Kerja Guru
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011