Penulis / NIM
SETYA NINGSI AHBABUNA / 131409056
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Setya Ningsi Ahbabuna. 2015. Manajemen Kesiswaan Di SMK Negeri 1 Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Ansar, M.Pd, Pembimbing II Warni T.Sumar, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan di SMK Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini dirancang sebagai jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu 1) angket, 2) observasi dan 3) dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan di SMK Negeri 1 Gorontalo berada pada kategori baik dengan perolehan persentase 86.75%. Perolehan persentase tersebut merupakan akumulasi dari 4 (empat) indikator yang digunakan untuk mengukur manajemen kesiswaan. Untuk indikator manajemen penerimaan siswa baru berada pada kategori baik dengan persentase 87.95%, indikator pembinaan siswa berada pada kategori baik dengan persentase 86.22%, Indikator sosialisasi kegiatan sekolah berada pada kategori baik dengan persentase 79.97%, dan indikator Organisasi Siswa Intra Sekolah berada pada kategori baik dengan persentase 92.85%
Terkait hal tersebut maka dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: a) pihak sekolah perlu melakukan evaluasi secara terus menerus terkait manajemen kesiswaan sehingga dapat diketahui tingkat efektivitas penerapannya dalam membantu meningkatkan pengelolaan kegiatan kesiswaan, b) perlu pembinaan secara berkelanjutan kepada seluruh personil sekolah terutama yang berhubungan dengan strategi yang dilakukan dalam pengelolaan kegiatan siswa, c) Pihak Dinas Pendidikan Nasional Kecamatan maupun Kabupaten perlu memediasi pelatihan manajemen kesiswaaan untuk memberi pemahaman yang mendalam tentang substansi manajemen kesiswaan yang diperlukan untuk mendukung data pendidikan lainnya, dan d) perlu dilakukan penelitian lanjutan mengkaji dan menganalisis factor lain yang berhubungan dengan manajemen kesiswaan, pada populasi yang lain sehingga dapat dijadikan sebagai rujukan dalam menerapkan prinsip ini pada berbagai institusi.
Kata Kunci: Manajemen, Kesiswaan
Download berkas