Penulis / NIM
ROSNA LAWANI / 131409060
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Abstrak
ABSTRAK
Rosna Lawani. Pengembangan Budaya sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA I Paguat Kabupaten Pohuwato. Universitas Negeri Gorontalo Faklutas Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengembangan Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA I Paguat Kabupaten Pohuwato.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menujukan bahwa: Pengembangan Budaya Sekolah dalam membentuk Karakter Siswa di SMA I Paguat Kabupaten Pohuwato yakni (1) Bentuk-bentuk budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa, pengembangan budaya sekolah seperti perubahan perilaku yakni berkata yang benar, bersifat jujur adalah mengarahkan pengembangan buadaya sekolah. Kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa sesuai yang diprogramkan dalam melaksanaan program sekolah dan disertai dengan program-program nyata mengenai penciptaan budaya sekolah melalui penciptaan komunikasi formal dan informal dimana komunikasi merupakan dasar bagi koordinasi sekolah dalam membangun visi misi dalam membentuk karakter siswa (2). Nilai-nilai pendidikan karakter siswa yang terkandung dalam bentukbudaya sekolah, melalui kerja sama,nilai kejujuran dan nilai disiplin serta melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler didalam penguatan nilai-nilai budaya baik itu melalui kegatan akademik dan kegiatan non akademik dilaksanakan oleh sekolah melibatkan seluruh personil sekolah. (3). Kendala-kendala yang dihadapi dalam mengembangkan karakter siswa, yakini di sebabkan oleh (1) kondisi internal adalah guru dan siswa. Masih sebagian besar guru mengajar hanya sekedar mentrasfer ilmu pengetahuan kesiswa kurang terbentuk karakter siswa, disebabkan oleh faktor bawaan siswa sehingga merubah perilaku siswa guru mengalami kesulitan. (2) kondisi ekternal disebabkan oleh faktor: (1) orang tua siswa masih sebagian orang tua kurang mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah, (2) kurangnya partisipasi masyarakat terhadapa program-program sekolah.
Untuk itu disarankan: (1). Sebagai bahan masukan kepada Kepala Sekolah untuk melakukan berbagai strategi dalam meningkatkan pengembangan nilai- nilai budaya sekolah dalam membentuk karakter siswa (2).Sebagai masukan bagi pengawas untuk melakukan perubahan kemampuan guru terutama dalam mengembangkan nilai-nilai budaya, membentuk karakter siswa, kegiatan proses pembelajaran. (3) Sebagai bahan masukan kepada guru dalam melakukan proses pembelajaran terutama adalah mengembangkan karakter peserta didik daripada mengembangkan pengetahuan yang sulit diterapkan oleh siswa.
Kata Kunci: Penguatan nilai-nilai karakter: disiplin, kejujuran, kerjasama, tanggung jawab.
Download berkas