Penulis / NIM
FAIZAL EKI IRAWAN OINTU / 131409065
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
FAIZAL EKI IRAWAN OINTU 2013 : Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Pengelolaan Peserta Didik di SMA Negeri 3 Gorontalo Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II : Besse Marhawati, S.Pd. M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Dalam Pengelolaan Peserta Didik di SMA Negeri 3 Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, evaluasi serta pencatatan dan pelaporan peserta didik.
Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu mulai uji coba angket yang diberikan kepada guru, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitaf yang bersifat deskriptif, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk tabel frekuensi seperti menentukan frekuensi capaian responden untuk setiap butir angket dan merekapitulasi hasil capaian setiap deskriptor untuk hasil perhitungan deskriptor dapat dilakukan persentasi skor capaian responden.
Sesuai hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan peserta didik pada rekapitulasi skor pendapat para responden mencapai pada kategori sangat baik, pengorganisasian peserta didik pada rekapitulasi skor pendapat para responden berada pada kategori sangat baik, pengkoordinasian peserta didik pada rekapitulasi skor pendapat para responden berada pada kategori sangat baik, evaluasi pengelolaan peserta didik pada rekapitulasi skor pendapat para responden berada pada kategori sangat baik, pencatatan dan pelaporan peserta didik pada rekapitulasi skor pendapat para responden berada pada kategori sangat baik. Secara umum implementasi manajemen berbasis sekolah dalam pengelolaan peserta didik pada rekapitulasi skor para responden berada pada kategori sangat baik.
Kata Kunci : Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Pengelolaan, Peserta Didik
Download berkas