SKRIPSI

Penulis / NIM
WINDRAWATI TIMUMU / 131409069
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Botupingge kabupaten Bone Bolango, untuk mengetahui gambaran supervisi akademik di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Botupingge kabupaten Bone Bolango dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Botupingge kabupaten Bone Bolango. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan perhitungan statistik. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan tiga cara yaitu, observasi, kuesioner, dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan nilai ? = 0,05. Kinerja guru di sekolah dasar negeri kecamatan Botupingge berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Guru memiliki kemampuan merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, mengevaluasi hasil belajar dan melaksanakan tindak lanjut hasil belajar. Kegiatan supervisi akademik kepala sekolah dasar negeri di kecamatan Botupingge kabupaten Bone Bolango berjalan dengan lancar. Alasannya kepala sekolah telah paham bagaimana cara melaksanakan supervisi akademik secara efektif sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Ada pengaruh positif dan kuat supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di kecamatan Botupingge. Persamaan regresi yang digunakan untuk memprediksi pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru sekolah dasar di kecamatan Botupingge adalah Y=47,761+0,57.X. Saran bagi dinas pendidikan, diharapkan meningkatkan pelaksanaan pengawasan akademik dalam proses pembelajaran. Bagi sekolah, perlu peningkatan dan peningkatan partisipasi kegiatan supervise akademik terhadap peningkatan kinerja guru. Bagi guru, perlu ditingkatkan kinerjanya dengan mengikuti berbagai pelatihan pengembangan kompetensi professional. Bagi peneliti selanjutnya, perlu dikembangkan lebih lanjut dengan mengkaji menggunakan kompetensi kinerja guru lainnya. Kata Kunci : Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kinerja Guru
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011