Penulis / NIM
KARSUM A. POMOLANGO / 131409070
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Abstrak
ABSTRAK
Karsum A. Pomolango. 2014. Implementasi Peran Guru di Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Kota Gorontalo. Program Studi Manajemen Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ansar, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Meity Mononimbar, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru sebagai manager, administrator kelas dan evaluator. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian yaitu 62 orang guru. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik persentase.
Hasil penelitian yaitu; 1) Peran guru sebagai manajer di Sekolah telah berada pada kategori yang sangat baik. 2) Peran Guru sebagai Administrator Kelas dalam mengembangkan potensi siswa di Sekolah telah berada pada kategori yang sangat baik. 3) Peran Guru sebagai Evaluator pada kegiatan belajar mengajar di Sekolah telah berada pada kategori yang baik.
Saran dalam penelitian ini adalah Guru guru hendaknya lebih mengutamakan evaluasi akhir dalam kegiatan pembelajaran karena merupakan tolak ukur dari peran guru di sekolah. Bagi Guru agar mempertahankan dan peran dalam kegiatan pembelajaran khususnya peran sebagai manajer dan administrator dan lebih meningkatkan evaluasi pada pembelajaran. Bagi peneliti, dapat memperluas wawasan yang berkaitan peran dan tugas pokok guru di Sekolah
Kata Kunci : Implementasi, Peran Guru
Download berkas