SKRIPSI

Penulis / NIM
MURSALIN MAKRUF / 131409080
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK MURSALIN MAKRUF : “Pengelolaan Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Boliyohuto Raya” Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2013. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II Intan Abdul Razak, S.Ag. M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kurikulum dan pembelajaran pendidikan anak usia dini di boliyohuto raya yang berlokasi di 5 (lima) kecamatan yaitu, kec. Bilato, kec. Boliyohuto, kec. Mootilango, kec. Tolangohula, dan kec. Asparaga Kab. Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan kurikulum dan pembelajaran pendidikan anak usia dini diboliyohuto raya, (2) bagaimana pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran pendidikan anak usia dini diboliyohuto raya, (3) bagaimana evaluasi kurikulum dan pembalajaran pendidikan anak usia dini di boliyohuto raya. Teknik pengumpulan data meggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitaf yang bersifat deskriptif. Sesuai hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan kurikulum dan pembelajaran pendidikan anak usia dini pada skor 89.13% yang berarti pada kategori sangat tinggi, pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran pendidikan anak usia dini pada skor 83.80% yang berarti pada kategori tinggi, evaluasi kurikulum dan pembelajaran pendidikan anak usia dini pada skor 86.87% yang berari berada pada kategori sangat tinggi. Secara umum pengelolaan kurikulum dan pembelajaran pendidikan anak usia dini pada rekapitulasi skor para responden mencapai 86.6% yang berarti pada kategori sangat tinggi. Untuk itu disarankan: (1) kepala dinas cabang boliyohuto raya, agar kiranya dapat memperhatikan pengelolaan kurikulum dan pembelajaran pada sekolah atau lembaga, karena masih ada beberapa lembaga yang kekurangan sarana dan prasarana(fasilitas) yang menunjang proses pembelajaran. (2) Kepala sekolah/pengelola PAUD dapat memberikan informasi kepada pihak – pihak yang berkompoten, dalam dunia pendidikan terutama pada pengelolaan kurikulum dan pembelajaran pendidikan anak usia dini di Boliyohuto Raya, sehingga guru – guru mampu berkompotensi sesuai dengan kemampuannya. (3) kepada guru – guru PAUD yang ada di Boliyohuto Raya diharapkan dapat melanjutkan studi ke jenjang S1 atau S2 untuk meningkatkan mutu pendidikan. (4) Bagi peneliti sebagai pedoman dalam melaksanakan penelitian selanjutnya. Kata Kunci : Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011