Penulis / NIM
FATMAH GINTULANGI / 131409110
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0003037703
Abstrak
ABSTRAK
Fatmah Gintulangi.Skripsi. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDN I Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mengendow. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof Dr Abdul Kadim Masaong MPd, Pembimbing II Arifin SPd. MPd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengelolaan kurikulum dalam pembelajaran, (2) Transparansi pengelolaan program sekolah, (3) Kendala-kendala dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di Sekolah Dasar Negeri 1 Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mengendow Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan analisis narasi
Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) Pengelolaan kurikulum dan pembelajaran telah dilaksanakan dengan menggunakan kurikulum KTSP melibatkan stakeholder mulai dari kepala sekolah, dan guru-guru dalam merencanakan perangkat pembelajaran yaitu silabus dan RPP secara bersama-sama, (2) Transparansi pengelolaan program sekolah telah dilaksanakan melalui program-program sekolah maupun transpransi dalam pengelolaan anggaran dan dipertanggung jawabkan kepada orang tua peserta didik dan masyarakat melalui rapat orang tua peserta didik, (3) Kendala-kendala dalam implementasi manajemen berbasis sekolah ada kendala internal berupa sarana dan prasana yang belum memadai terlihat jumlah peserta didik tidak sesuai dengan jumlah ruangan belajar dan kendala ekternal kurangnya kerjasama orang tua dengan pihak sekolah. Untuk disarankan: (1) kepada pengambil kebijakan yaitu pemerintah untuk dapat menfasilitasi sarana dan prasarana terutama perpustakaan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, (2) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan dalam mengeluarkan kebijakan dalam bidang pendidikan kiranya senantiasa untuk memberikan dukungan baik moril maupun finansial sekolah dasar. Sebab sekolah dasar merupakan pelatak dasar bagi proses pendidikan selanjutnya, (3) Saran untuk kepala sekolah dapat melakukan berbagai strategi dalam upaya meningkatkan implementasi manajemen berbasis sekolah, (4) untuk guru dapat mencari kiat-kiat dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam hal perencanaan dan pengelolaan program pembelajaran.
Kata Kunci: Pemberiaan kewenangan, transparansi, hubungan kerja sama
Download berkas