Penulis / NIM
INDRAWATI MARADA / 131409115
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Indrawati Marada, 2015. "Inventarisasi Sarana dan Prasarana di SMP Negeri Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaangmongondow Selatan. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Dr. Fadliah, M.Si dan Pembimbing II Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd.
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk: 1) untuk mengetahui prosedur Inventarisasi sarana dan prasarana di SMP Negeri Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. 2) untuk mengetahui pelaporan Inventarisasi sarana dan prasarana di SMP Negeri Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. 3) untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam Inventarisasi sarana dan prasarana di SMP Negeri Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di SMP Negeri Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi, analisis data bersifat induktif dan basil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dan pada generalisasi.
Hasil penelitian dan penemuan di lapangan mengenai inventarisasi sarana dan prasarana yang ada di SMP Negeri Lion Kecamatan Posigadan dapat disimpulkan bahwa: 1) Inventarisasi Sarana dan Prasarana sekolah sudah dilakukan dengan baik, semua barang yang masuk sudah dicatat dan diberi kode barang, namun dalam pencatatannya masih belum teratur dan sistematis. Inventarisasi sudah dilakukan secara teratur mulai dari pencatatan barang yang masuk, jumlah barang dan kode barang. Tidak ada buku catatan khusus mengenai kode barang yang dimiliki sekolah, sekolah hanya mencatat jumlah barang yang ada di sekolah. 2) Pelaporan Sarana dan Prasarana sekolah sudah dilakukan secara teratur dan berkala setiap 3 bulan sekali dan setiap 1 tahun sekali.
Untuk itu disarankan: 1) Kepala sekolah sebagai manajer harus memperhatikan dan memonitoring langsung bagaimana keadaan sarana dan prasarana sekolah. Kepala sekolah juga harus mengetahui sarana dan prasarana apa saja yang ada di sekolahnya. 2) Kepala sekolah, guru, dan pengelola sarana dan prasarana sekolah hendaknya bekerja secara bersama-sama dalam hal pengelolaan sarana dan prasarana yaitu mulai dari bagaimana merencanakan kebutuhan, pengadaan, inventarisasi, penataan, serta penghapusan sarana dan prasarana pendidikan yang ada di sekolahnya. 3) Bagi pengelola sarana dan prasarana sekolah harus mencatat dengan baik sarana dan prasarsna pendidikan khususnya yang brasal dari pemerintah wajib diadakan inventarisasi secara cermat, dengan menggunakan format-format yang telah ditetapkan.
Kata kunci : Inventarisasi, Sarana dan Prasarana
Download berkas