Penulis / NIM
LILIS DARLIA ARABI / 131409119
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Abstrak
ABSTRAK
Lilis Darlia Arabi. 2013. Pelayanan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar di SMP Negeri 4 Bolaang Uki Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi. Jurusan Manajemen pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo,. Pembimbing 1. Prof. Dr. H. Ansar Made.S.Pd. M.Si. pembimbing 2. Drs.H.Muhammad Polinggapo, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar di SMP Negeri 4 Bolaang Uki Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. (1) Pelayanan peminjaman buku perpustakaan di SMP Negeri 4 Bolaang Uki Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Pelayanan petugas baik dimulai dengan pendaftraan anggota perpustakaan, menunjukan kartu anggota, menujukan tempat koleksi-koleksi yang ada diperpustakaan waktu kunjung sudah ditentukan, serta pemberian saksi pada yang terlambat pengembalikan buku. (2) Pelayanan referensi buku perpustakaan sudah dilaksanakan dengan baik memperoleh informasi melalui bahan-bahan referensi, memberikan pengarahan kepada siswa melalui dialong dan komunikasi dan dapat membantu siswa menemukaan informasi, dan jenis-jenis koleksi ada buku mata pelajaran, majalah, cerpen, komik-komik, koran serta hasil karya siswa dalam bentuk puisi dipanjangkan diperpustakaan (3) Pelayanan membaca buku perpustakaan. Penataan ruang baca sudah diatur dengan baik agar kegiatan pelayanan misalnya dalam meletakan meja dan kursi tidak menggangu aktivitas pengunjung yang masuk, ada ruang koleksi, ruang baca, ruang staf dan ruang kepala perpustakaan, ruang terbitan berkala (4) Pelayanan pengembalian buku perpustakaan sudah dilaksanakan dengan baik melalui menunjukan kartu anggota, menunjunkan buku yang dikembalikan dan administrasi yang ada diperpustakaan terdiri dari: buku induk, buku anggota, buku peminjam, buku pengunjung, buku tamu.
Untuk disarankan (1) Untuk kepala sekolah dapat mengaktifkan penggunaan perpustakaan sebagai sumber belajar dan dapat memotivasi anggota perpustakaan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar (2) Bagi pengelolah perpustakaan dapat meningkatkan kembali pelayanan kepada siswa agar perpustakaan dapat berfungsi sebagai sumber informasi pengetahuan (3) Untuk guru dapat menggunakan perpustakaan sebagai tempat belajar siswa sehingga siswa dapat mengetahui fungsi dari perpustakaan (4) Untuk siswa dapat meningkatkan motivasi belajar melalui perpustakaan sehingga dapat mempermudah mengakses informasi dan pengetahuan.
Kata Kunci: Perpustakaan, Sumber belajar
Download berkas