Penulis / NIM
LISNAWATY MISILU / 131409120
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Lisnawaty Misilu, skripsi Program Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran studi kasus di SDN 3 Momalia Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012). Pembimbing I dan II : Dra. Meity Mononimbar, M.Pd dan Intan A. Radjak. S.Ag.M.Pd.
Permasalahan pada penelitian ini mencakup tiga fokus yaitu : Program pengembangan kompetensi dalam merencanakan program pembelajaran meliputi : program tahunan, program semester. Pelaksanaan program pengembangan kompetensi kemampuan melaksanakan pembelajaran meliputi: Kemampuan menguasai materi, kemampuan melaksanakan metode. program pengembangan Kemampuan mengevaluasi pembelajaran meliputi : instrument, teknik penilaian
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus . teknik pengumpulan data dapat ditempuh dengan tiga cara yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan program pengembangan kompetensi profesionalisme guru dalam kemampuan merencanakan pembelajaran adalah supervisi pendidikan, tugas belajar, magang, pelatihan integrasi berbasis kompetensi, program pemberdayaan MGMP, simposium, pelatihan tradisional, bekerjasama dengan teman sejawat. Pengembangan kemampuan melaksanaan pembelajaran yaitu program supervisi, program penyetaraan dan program pelatihan-pelatihan tradisional. Pengembangan kemampuan mengevaluasi yaitu program pelatihan KKG, supervise, penilaian kinerja kelompok guru, diklat matematika realistic, dan KKS penilaian kerja Kepala Sekolah untuk kepala sekolah..
Untuk itu disarankan (1) Dinas pendidikan lebih mendekatkan kegiatan pelatihan dan seminar pada guru-guru dipelosok,(2) kepala sekolah perlu memotivasi para guru untuk melaksanakan program pengembangan yang dipadu secara individu, (3) kepala sekolah diharapkan dapat memfasilitasi para guru untuk dapat ikut serta dalam program-program pengembangan kualitas, (4) guru perlu lebih kreatif lagi untuk dapat ikut serta pada program pengembangan kompetensi profesionalisme dalam pembelajaran dan mempraktekan ilmu yang diperoleh dari program tersebut, (5) Peneliti lebih memahami permasalahan yang berkaitan dengan program pengembangan kompetensi profesionalisme guru dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Program Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru
Download berkas