Penulis / NIM
LISPOPI DJ. MAHABU / 131409121
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
ABSTRAK
Lispopi DJ. Mahabu. 2013. Kompetensi Kepribadian Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Komunikasi Di SDN I Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Ansar, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dr. Hj. Fory Armin Nawai, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kompetensi kepribadian kepala sekolah dalam mengembangkan komunikasi di sekolah? 2) Bagaimanakah keterbukaan kepala sekolah dalam mengembangkan komunikasi di sekolah? 3) Bagaimanakah pengendalian diri kepala sekolah dalam mengembangkan komunikasi di sekolah? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana kompetensi kepribadian kepala sekolah dalam mengembangkan komunikasi di SDN 1 Lion yang meliputi: 1) Empati kepala sekolah dalam mengembangkan komunikasi di sekolah. 2) Keterbukaan kepala sekolah dalam mengembangkan komunikasi di sekolah. 3) Pengendalian diri kepala sekolah dalam mengembangkan komunikasi di sekolah.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa wawancara serta dokumentasi.
Hasil penelitian bahwa bahwa kompetensi pribadi kepala sekolah dalam pengembangan komunikasi di SDN 1 Lion Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan mepunyai taraf kualitas yang cukup memadai. Dengan kata lain tingkat kualitas kemampuan pribadi yang dimiliki oleh kepala sekolah yang dicirikan pada indikator penelitian memiliki klasifikasi yang cukup memadai.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada 1) kepala sekolah sebagai pimpinan dalam organisasi sekolah harus dapat meningkatkan lagi kompetensi pribadi baik yang berhubungan dengan pengembangan pendidikan maupun aspek lain. 2) Kepala Cabang Dinas Pendidikan diharapkan dapat melakukan pembinaan dan bimbingan kepada kepala sekolah secara kontinyu dan sistematis, sehingga potensi kepemimpinan yang mereka miliki dapat berkembang dengan baik. 3) Bagi Peneliti, dapat menambah wawasan pengetahuan peneliti tentang kompetensi kepribadian kepala sekolah serta dapat dijadikan sebagai rujukan dalam penelitian selanjutnya.
Kata Kunci : Kompetensi, Kepribadian, Kepala Sekolah, Komunikasi
Download berkas