Penulis / NIM
MELWAN ISMAIL / 131409126
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Melwan Ismail: Kompetensi guru dalam mengelola media pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Universitas Negeri Gorontalo, Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan 2013. Pembimbing I Dr Asrin MPd dan Pembimbing II Warni Tune Sumar SPd. MPd
Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran yang riil mengenai: Kompetensi guru dalam mendesain media pembelajaran, Kompetensi guru dalam mengorganisasikan media pembelajaran, Kompetensi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran, Kompetensi guru dalam penilaian media pembelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif sampel penelitian berjumlah 30 guru. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi dan angket. Data dalam penelitian dianalisis dengan rumus persentase (%)
Hasil penelitian menujukan bahwa Kompetensi guru dalam mengelola media pembelajaran di Sekolah Dasar se Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Meliputi: (1) Kompetensi guru dalam mendesain media pembelajaran berada pada kategori sesuai dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dikelas. Perlu ditingkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam mendesain media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. (2) Kompetensi guru dalam mengorganisasikan media pembelajaran berada pada kategori yang sesuai dalam proses pembelajaran. Perlu ditingkatkan kreaktivitas guru dalam mengorganisasikan media pembelajaran. (3) Kompetensi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berada pada kategori yang sesuai dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Perlu ditingkatkan guna mengoptimalkan pencapaian kompetensi pembelajaran secara utuh. (4) Kompetensi guru dalam menilai media pembelajaran berada pada kategori sangat sesuai.
Penelitian ini disarankan kepada: (1) Untuk Kepala Cabang Dinas Pendidikan sebagai bahan masukan dapat lebih meningkatkan kemampuan guru dalam mengelolah media pembelajaran . (2) Untuk kepala sekolah sebagai bahan masukan dapat mengembangkan kempetensi guru melalui pelatihan-pelatihan dalam merancang media pembelajaran. (3) Untuk guru selaku pelaksanaan pembelajaran perlu berkreasi dan berinovasi dalam menciptakan dan mengembangkan media pembelajaran di kelas sehingga dapat memperkaya perbendaharaan media pembelajaran yang tersedia di sekolah dan dapat memudahkan pemahaman siswa. (4) Untuk peneliti dapat bermanfaat dalam pengembangan penelitian lebih lanjut.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, mengelola media pembelajaran
Download berkas