Penulis / NIM
ROSTIN INANDO / 131409128
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Inando, Rostin. 2013. Implementasi Program Kelompok Kerja Guru Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Gugus Kecamatan Posigadan. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Nina Lamatenggo, SE., M.Pd. dan Pembimbing II : Intan Abdul Razak S.Ag M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyusunan program, strategi pelaksanaan program dan evaluasi program Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Sekolah Dasar gugus Kecamatan Posigadan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif walaupun dalam analisisnya sedikit menggunakan statistik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penyusunan program KKG dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Sekolah Dasar Gugus Kecamatan Posigadan pada kategori sangat efektif dengan persentase 86,73%. Strategi pelaksanaan program KKG dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Sekolah Dasar Gugus Kecamatan Posigadan pada kategori sangat efektif dengan persentase 85,93%. Evaluasi program KKG dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Sekolah Dasar Gugus Kecamatan Posigadan pada kategori sangat efektif dengan persentase 86,47%.
Untuk itu disarankan sarana prasarana yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan program KKG perlu ditingkatkan kelengkapannya agar lebih banyak lagi program KKG yang dapat difasilitasi dan perlu dilakukan pelatihan keterampilan tentang pemahaman guru mengimplementasi ilmu yang diperoleh dari pelaksanaan program KKG.
Kata Kunci : Implementasi, kelompok kerja guru
Download berkas