Penulis / NIM
RUSLAWATI BOTUTIHE / 131409129
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTARK
Ruslawati Botutihe. Kinerja Guru yang Tersertifikasi dalam Mengelola Pembelajaran di Sekolah Dasar Se Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo, Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang ril mengenai Kinerja Guru yang Tersertifikasi dalam Mengelola Pembelajaran di Sekolah Dasar Se Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Penelitian ini dikatakan sebagai penelitian populasi, karena objek yang diteliti kurang dari 100, sehingga menjadi sampel dalam penelitian adalah diambil seluruh guru yang tersertifikasi di Sekolah Dasar Se Kecamatan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang berjumlah 57 orang, pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan tehnik persentase. Dalam arti bahwa setiap butir soal dalam angket dibuatkan dalam tabel untuk memperoleh gambaran persentase yang dicapai dalam angket setiap indikator maupun masing-masing alternatif jawaban.
Hasil penelitian menujukan bahwa secara umum bahwa Kinerja Guru yang Tersertifikasi dalam Mengelola Pembelajaran di Sekolah Dasar Se Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan berada pada kategori baik. Perolehan persentase ini merupakan akumulasi dari: (1) Kinerja Guru yang Tesertifikasi dalam merencanakan pembelajaran berada pada ketegori sangat baik, (2) Kinerja Guru yang Tesertifikasi dalam melaksanakan pembelajaran berada pada ketegori baik, (3) Kinerja Guru yang Tesertifikasi dalam mengevaluasi pembelajaran berada pada ketegori sangat baik,
Untuk itu disarankan sebagai berikut: (1) Untuk sekolah diharapkan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan kualitas kinerja guru yang tersertifikasi perlu dibina untuk dapat menghasilkan kinerja yang lebih optimal (2) Untuk kepala sekolah diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja guru melalui pelatihan-pelatihan sehingga lebih profesionalisme dalam melaksanakan tugasnya. (3) Untuk guru dapat mencari kiat-kiat dalam meningkatkan kinerja melalui merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Kinerja guru yang tersertivikasi, mengelola pembelajaran
Download berkas