SKRIPSI

Penulis / NIM
SISKA LASAGUNI / 131409133
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK SISKA LASAGUNI, 2013 “ Kemampuan Guru Mengelola Kelas Berbasis PAKEM Di SDN 3 Sinombayuga Kecamatan Posigadan kabupaten Bolaang Mongondow Selatan ’’ Pembimbing 1 Bpk. Prof. Dr. H. Abd Kadim Masaong. M.Pd dan Pembimbing II Ibu. Besse Marhawati, S.Pd M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Untuk memperoleh Gambaran tentang Kemampuan guru mendesain kelas. 2) Untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan guru mengoraganisasi kelas. 3) Untuk memperoleh gamabaran tentang kemampuan guru memberdayakan peserta didik , 4). Untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan guru memonitoring dan evaluasi kelas. Peneliti ini Mengunakan metode Kualitatif, dengan rancangan studi kasus, teknik pengumpulan data dapat ditempuh dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa metode pembelajaran yang diterapakan masih terbatas pada metode ceramah, diskusi, Tanya jawab, demonstrasi dan ada beberapa guru yang suda mulai menerapkan metode jigsaw. dalam penataan lingkungan fisik kelas, guru-guru memperhatikan kenyamanan siswa dalam belajar, mudah dijangkau oleh siswa, mudah dipindah-pindahkan, kelas dibuat menarik agar siswa betah didalam kelas, pengaturan tempat duduk diatur tidak terlalu berdekatan, dan meletakan perlengkapan sesuai dengan kebutuhan materi belajar ditingkat kelas siswa. dalam mengidentifikasi kompotensi akademik siswa, para guru mengidentifikasi dengan cara memberikan tugas kepada siswa kemudian menilai hasil kerja siswa. hasil kerja siswa siswa itulah yang menjadi alat penilaian kompotensi akademik siswa. Alat ukur yang sering digunakan adalah soal objektif, tes tertulis, dan dalam bentuk isian. adapun reabilitas tes, tes yang suda realibilitas dan menjamin konsisten, kareana jika dilakukan tes ulangan hasilnya selalu sama dan tidak mengalami perubahan. Disarankan : 1) Untuk Kepala Dinas Pendidikan : Lebih memperhatikan kinerja guru dalam proses belajar mengajar berbasis PAKEM, 2) Untuk pengawas : Dapat membimbing guru-guru di SDN 3 Sinombayuga dalam hal pembelajaran PAKEM secara maksimal. 3) Untuk kepala sekolah diharapkan : Dapat selalu memberikan pengarahan kepada para guru agar mengetahui apa sebenarnya yang harus dilakukan dalam melaksanakan pembelajaran berbasis PAKEM. 4) Untuk guru diharapkan : Dapat melaksanakan proses pembelajaran sesuai metode yang menyenangkan bagi siswa. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas PAKEM.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011