Penulis / NIM
SUTARNO MOHI / 131409135
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Sutarno Mohi. 2013. Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Program Studi Manajemen Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asrin, M.Pd dan Pembimbing II Besse Marhawati, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah dalam Membimbing guru menyusun Silabus dan RPP di Sekolah, untuk mengetahui Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah dalam Membimbing guru memiliki metode dan Teknik dalam mengembangkan potensi siswa di Sekolah, dan untuk mengetahui Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah dalam Membimbing guru mengelola Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket, obervasi wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu; 1) Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah dalam Membimbing guru menyusun Silabus dan RPP di Sekolah telah berada pada ketagori yang sangat baik. 2) Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah dalam Membimbing guru memiliki metode dan Teknik dalam mengembangkan potensi siswa di Sekolah telah berada pada kategori yang baik. 3) Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah dalam Membimbing guru mengelola Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah telah berada pada kategori yang baik. 5) Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah dalam Membimbing guru dalam mengelola Media Pembelajaran di Sekolah telah berada pada kategori yang baik, 6) Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah dalam Memotivasi guru memanfaatkan Teknologi Pendidikan di Sekolah berada pada kategori yang cukup baik. 7) Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah dalam Memotivasi guru melakukan Inovasi Pembelajaran di Sekolah telah berada pada kategori baik.
Saran dalam penelitian ini adalah bagi sekolah bahwa hendaknya dapat memberikan kontribusi yang berharga melibatkan seluruh guru dalam agenda supervisi kepala sekolah sehingga dapat lebih meningkatkan supervisi pembelajaran guru di sekolah, bagi kepala sekolah agar mempertahankan dan meningkatkan kompetensi supervisi di sekolah untuk membimbing guru, bagi peneliti, dapat memperluas wawasan yang berkaitan dengan kompetensi supervisi kepala sekolah sehingga dapat mengetahui tugas dan pokok kepala sekolah dalam melakukan supervise dan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan menitik beratkan pada proses kompetensi supervisi pengawas sekolah.
Kata Kunci : Kompetensi Kepala Sekolah, Supervisi Pembelajaran
Download berkas