Penulis / NIM
YULIN LAMUSU / 131409140
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Yulin Lamusu. Pengelolaan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kualitas mengajar. Jurusan Manajemen Pendidikan Faklutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Pengelolaan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di Sekolah Dasar se Kecamatan Bone Kabupaten Bone Boalngo.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menujukan bahwa: Pengelolaan kelompok kerja guru (KKG) dalam meningkatkan kualitas mengajar telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dan pengawas serta guru-guru dan pengelolah KKG dalam satu oragnisasi atau kelompok dalam meningkatkan kualitas mengajar guru. Tetapi pada umumnya guru masih perlu ditingkatkan kemampuannya dalam pengelolaannya guna meningkatkan kualitas mengajar. Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) perencanaan menyusun program KKG memiliki kualitas baik. Hasil ini merupakan akumulasi dari deskeriptor merumuskan tujuan KKG memiliki kualitas baik, menganalisis kebutuhan guru memiliki kualitas baik, (2) pelaksanaan program diperoleh gambaran memiliki kualitas baik. Dari akumulasi deskriptor tehnik pembinaan profesional guru dengan kualitas baik, monitoring pembinaan pelaksanaan dengan kualitas baik, (3) evaluasi program KKG diperoleh gambaran dari hasil penelitian kualitas baik, namun ada beberapa deskriptor dari indikator diperoleh dengan kualitas yang cukup baik disebabkan oleh beberapa faktor yakni: faktor pendidikan yang masih rendah dan kurangnya partisipasi dari peserta KKG.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) bagi kepala cabang dinas pendidikan nasional kecamatan bone dapat melakukan pemetaan kembali dengan mempertimbangkan segi geografis dan kondisi sekolah masing-masing, (2) bagi kepala sekolah melalui wadah KKG dapat lebih meningkatkan kualitas mengajar guru dan agar selalu memotivasi guru untuk meningkatkan kegiatan KKG, (3) bagi pengelolah KKG dapat memberikan konstribusi yang positif bagi pengembangan profesi guru, (4) bagi guru sebagai pedoman membawah kearah perbaikan dalam melakanakan kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Pengelolaan Kelompok Kerja Guru (KKG)
Download berkas