Penulis / NIM
YULIANA DAIMUN / 131409141
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. BESSE MARHAWATI, S.Pd, M.Pd / 0018057206
Abstrak
ABSTRAK
Yuliana Daimun, Skripsi Pengembangan Budaya Sekolah. studi kasus di SDN 1 Momalia (Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2013). Pembimbing I dan II : Dr. Fadliah, M.Si dan Besse Marhawati S.pd M.Pd.
Tujuan penelitian ini Untuk memperoleh gambaran tentang pengembangan budaya sekolah pada kegiatan Intra Kurikuler, Untuk memperoleh gambaran tentang pengembangan budaya sekolah pada kegiatan ekstrakurikuler. Untuk memperoleh gambaran tentang pengembangan budaya sekolah pada pendekatan lingkungan sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dapat ditempuh dengan tiga cara yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mengembangkan budaya dalam proses pembelajaran di kelas guru-guru membudayakan salam sebelum pembelajaran dimulai, membiasakan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sopan, ramah, menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama, dan dengan cara memberikan motivasi positif kepada siswa. Dalam mengembangkan budaya sekolah di luar kelas guru-guru jarang melakukan proses pembelajaran diluar kelas karena siswa kurang konsentrasi dalam proses pembelajaran di luar ruang kelas, tetapi jika siswa berada diluar kelas pada jam istirahat, guru-guru menciptakan suasana yang kondusif bagi siswa untuk berekspresi. Dalam pengembangan budaya sekolah melalui kegiatan olehraga dilaksanakan dengan menarik minat siswa untuk berolahraga, Dalam mengembangkan budaya sekolah melalui kegiatan kesenian dengan menanamkan rasa kecintaan siswa terhadap budaya dan kesenian daerah, para guru memancing kreatifitas siswa, dan ditanamkan rasa percaya diri kepada siswa. Dalam mengembangkan budaya sekolah melalui kegiatan kepramukaan, ditanamkan nilai-nilai kepemimpinan, kebersamaan, tanggung jawab, kemandirian, dan rasa cinta alam.
Untuk itu disarankan (1) Dinas pendidikan : Lebih memperhatikan fasilitas sekolah untuk meningkatkan budaya sekolah. (2) Dapat selalu memberikan pengarahan kepada para guru agar mengetahui apa sebenarnya yang harus dilakukan dalam mengembangkan budaya sekolah. (3) Dapat mengembangkan budaya sekolah melalui pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas (4) bagi peneliti diharapkan penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman tentang pengembangan budaya sekolah sehingga dapat menerapkannya dikemudian hari.
Kata Kunci : Pengembangan Budaya Sekolah
Download berkas