Penulis / NIM
ASNA PATILIMA / 131409146
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Asna Patilima. 2013. Pengelolaan Keuangan dan Pembiayaan sekolah di SDN 2 Milangodaa Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Universitas Negeri Gorontalo Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengelolaan keuangan dan pembiayaan sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yaitu menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menujukan bahwa (1). Perencanaan keuangan dan pembiayaan sekolah. dalam perencanaan keuangan sudah dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan mekanisme. penyusunan perencanaan anggaran yang ada di sekolah dapat melibatkan seluruh personil yang ada di sekolah baik dalam merencanakan dan menyusun anggaran, melalui keputusan bersama dan perencanaan disesuai dengan kebutuhan sekolah serta mengacu pada juknis dan SPJ (2). Setiap pelaksanaan kegiatan yang di biayai oleh anggaran sekolah melakukan inventaris kegiatan pembiayaan baik itu penerimaan maupun pengeluaran dan disesuaikan dengan mekanisme dalam penyusunan anggaran pendidikan dan bukti pencatatan penerimaan dan pengeluaran tersebut terdokumentasi (3). Pengawasan keuangan dan pembiayaan dilakukan setiap akhir kegiatan baik melalui kegiatan akademik maupun kegiatan non akademik setiap kegiatan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dalam proses pelaksanaanya serta mekanisme yang sesuai dengan juknis dan SPJ. (4). Evaluasi keuangan dan pembiayaan sekolah dengan melakukan laporan keuangan untuk menyampaikan pertanggung jawaban setiap akhir semester kepada orang tua, masyarakat dan stakeholder serta melakukan tindak lanjut terhadap penyimpangan atau kekeliruan dalam penerimaan dan pengeluaran keuangan dan pembiayaan di sekolah yang dilaksanakan pada setiap program yang dianggarkan dengan anggaran pembiayaan sekolah
Untuk itu disarankan (1). Untuk kepala sekolah sebagai masukan dalam pengambilan kebijakan dalam pelaksanaan pengelolaan anggaran pembiayaan pendidikan (2). Untuk seluruh warga sekolah sebagai bahan masukan terutama kepala sekolah, bendahara tentang substansi keterlibatan komite sekolah dari perencanaan samapai dengan evaluasi pemanfaatan anggaran pembiyaan pendidikan (3). Untuk komite sekolah merupakan sebuah badan independen yang mewakili masyarakat dalam pengelolaan sekolah secara transparansi (4). Untuk peneliti sebagai bahan referensi dalam melakukan penelitian lebih lanjut
Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan, Pembiayaan
Download berkas