Penulis / NIM
NUR SYAMSI DESIYANTO PUTRA DAUD / 131410003
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
ABSTRAK
Nur Syamsi DP. Daud. 2016. "Hubungan Kepemimpinan Pembelajaran Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri I Boliyohuto". Kab. Gorontalo Provinsi Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Hi. Muhammad Polinggapo, S.Sos, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Fory A. Naway, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan pembelajaran guru SMP Negeri 1 Boliyohuto, bagaimana motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Boliyohuto serta adanya Hubungan kepemimpinan pembelajaran guru dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri I Boliyohuto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain korelasi. Subjek penelitian yaitu siswa SMP Negeri I Boliyohuto yang berjumlah 162 kemudian diambil sampel menggunakan teknik Random Sampling sebanyak 115. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kepemimpinan Pembelajaran Guru di SMP Negeri I Boliyohuto berada pada kategori baik dengan presentase 90,80%, 2) Motivasi belajar siswa di SMP Negeri I Boliyohuto berada pada kategori baik dengan presentase 60,64%, 3) Terdapat hubungan yang baik antara Kepemimpinan Pembelajaran Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri I Boliyohuto sebesar 46,2% dan sisanya 53,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak berkaitan atau diluar dari penelitian ini namun tetap mempengaruhi variabel Y motivasi belajar siswa SMP Negeri I Boliyohuto.
Saran-saran: 1) Bagi guru, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan lagi kepemimpinannya didalam kelas, mengembangkan model-model pembelajaran, serta meningkatkan kemampuan mengelola kelas agar proses belajar mengajar dapat berjalan lebih baik, 2) Bagi siswa, diharapkan kontribusi dari penelitian ini untuk menambah semangat dan motivasi dalam mengikuti pelajaran dan harus berani bertanya kepada guru apabila menemui kesulitan dalam memahami pelajaran, 3) Bagi Kepala Sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masuka agar diharapkan mampu menyediakan fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar, 4) Bagi peneliti, agar peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih banyak lagi dari pengembangan tentang kepemimpinan pembelajaran guru dan faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Kepemimpinan Pembelajaran Guru, Motivasi Belajar
Download berkas