Penulis / NIM
FITA ESTIKA TUNDU / 131410006
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan TI sebagai sumber pembelajaran melalui tahap Perencanaan, Pengorganisasian, Pemanfaatan, serta Monitoring dan Evaluasi yang berbasis Teknologi Informasi sebagai sumber pembelajara di MAN Insan Cendekia Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu, observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian ini menggambarkan pentingnya pengelolaan Teknologi Informasi sebagai sumber pembelajaran dilihat dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pemanfaatan serta monitoring dan evaluasi. Adapun komponen-komponen yang dilibatkan dalam pengelolaan TI sebagai sumber pembelajaran di MAN Insan Cendekia Gorontalo ialah warga sekolah yakni Kepala Madrasah, guru-guru, pengelola perpustakaan, dan siswa. Dengan demikian maka akan tercipta proses pembelajaran yang lebih efektif dan menghasilkan output yang cerdas, mandiri dan berprestasi baik dibidang akademik maupun ekstrakurikuler.
Untuk itu disarankan bagi guru agar menjadikan TI sebagai sumber untuk memperoleh informasi-informasi terbaru tentang materi pembelajaran, untuk siswa pengelolaan TI sebagai sumber pembelajaran dapat memberikan informasi-informasi yang terkait dengan mata pelajaran serta menunjang proses pembelajaran berlangsung lebih mudah dan efektif, untuk kepala madrasah agar terus menerapkan penggunaan TI sebagai sumber pembelajaran agar lebih memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pengelolaan, Sumber Pembelajaran.
Download berkas