Penulis / NIM
NURLIYANTI USMAN / 131410011
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
INTAN ABDUL RAZAK, S.Ag, M.Pd / 0009107806
Abstrak
ABSTRAK
Nurliyanti Usman, 2014. Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hi. Ansar, M.Si Pembimbing II Intan Abdul Razak, S.Ag. M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Model Gorontalo. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kuantitatif korelasional. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuesionar yang berisi aspek-aspek kedua variabel tersebut, dan data yang telah dikumpulkan dapat disimpulkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan yang positif.
Hasil penelitian ini dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment bahkan nilai rhitung = 0,652 berada pada arah yang positif, sedangkan uji signifikan koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung = 7,70 pada taraf signifikan = 0,05 dan derajat bebas db = n-2 = 48-2 = 46 lebih besar dari ttabel = 2,021. Jadi disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,652, maka nilai koefisien determinasi r = 0,4251 hal ini menunjukkan bahwa 42,51% motivasi kerja guru dipengaruhi oleh perilaku kepemimpinan kepala sekolah sedangkan 57,49% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak berkaitan atau diluar dari penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran-saran : 1) kepala sekolah sebagai pemimpin hendaknya lebih meningkatkan kepemimpinannya dalam memotivasi guru. Sebab dengan adanya perilaku kepala sekolah yang baik akan meningkatkan motivasi kerja guru. 2) guru sebagai pendidik hendaknya lebih meningkatkan motivasi kerja dan melaksanakan tugas dengan baik dalam proses kegiatan belajar mengajar. 3) bagi peneliti, dengan adanya penelitian ini agar supaya peneliti lebih meningkatkan pengetahuan dalam dunia pendidikan terutama mengenai hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru.
Kata kunci : Perilaku, Kepemimpinan, Motivasi Kerja.
Download berkas