SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAN MARJUN / 131410012
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK Rahman Marjun. 2014. Pembinaan Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Paguyaman. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nina Lamatenggo, SE. M.Pd dan Pembimbing II Warni Tune Sumar, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (l) program pembinaan karakter siswa. (2) pelaksanaan program pembinaan karakter siswa. (3) pengawasan program pembinaan karakter siswa. (4) evaluasi dan hasil program pembinaan karakter siswa di SMA Negeri 1 Paguyaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian rancangan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian di sekolah SMA Negeri 1 Paguyarnan menunjukkan bahwa: (l) Program pembinaan kmakter siswa menerapkan 10 nilai karakter diantaranya Nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. (2) Pelaksanaan program pembinaan karakter siswa mengunakan berbagai strategi diantamnya mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam mata pelajaran, membiasakan untuk melaksanakan kegiatan keagamaan, menjaga keamanan sekolah dan membiasakan kegiatan sosial. (3) Pengawasan pembinaan karakter siswa dilaksanakan dengan cara pihak yang bertanggung jawab dalam monitoring kegiatan datang langsung disaat kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler berlangsung. (4) Hasil dan evaluasi program pembinaan karakter siswa mengunakan format penilaian serta melakukan pengamatan secara langsung terhadap kegiatan siswa baik dalam kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler. Untuk itu disarankan: (1) bagi siswa diharapkan dapat memberikan pencerahan dalam merubah sikap dan perilaku menjadi lebih baik serta dapat melaksanakan dan mematuhi tata tertib yang dibuat oleh sekolah. (2) bagi guru diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber panduan untuk lebih bertanggung jawab melaksanakan tugas sebagai pendidik khususnya membina siswa agar berperilaku lebih baik lagi. (3) bagi kepala sekolah diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber panduan dalam mempertimbangkan pengambilan keputusan terkait pembinaan karakter disekolah. (4) untuk diknas dikbud dapat dijadikan masukan serta pertimbangan terutama dalam pembuatan kebijakan pembinaan karakter siswa di jenjang sekolah SMA. Kata Kunci: Pembinaan, Karakter Siswa, Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, Kokurikuler
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011