Penulis / NIM
RAHMAN MARJUN / 131410012
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Rahman Marjun. 2014. Pembinaan Karakter Siswa di SMA Negeri 1
Paguyaman. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nina Lamatenggo, SE. M.Pd dan
Pembimbing II Warni Tune Sumar, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (l) program pembinaan karakter
siswa. (2) pelaksanaan program pembinaan karakter siswa. (3) pengawasan program
pembinaan karakter siswa. (4) evaluasi dan hasil program pembinaan karakter siswa
di SMA Negeri 1 Paguyaman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
rancangan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian di sekolah SMA Negeri 1 Paguyarnan
menunjukkan bahwa: (l) Program pembinaan kmakter siswa menerapkan 10 nilai
karakter diantaranya Nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. (2)
Pelaksanaan program pembinaan karakter siswa mengunakan berbagai strategi
diantamnya mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam mata pelajaran,
membiasakan untuk melaksanakan kegiatan keagamaan, menjaga keamanan sekolah
dan membiasakan kegiatan sosial. (3) Pengawasan pembinaan karakter siswa
dilaksanakan dengan cara pihak yang bertanggung jawab dalam monitoring kegiatan
datang langsung disaat kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler
berlangsung. (4) Hasil dan evaluasi program pembinaan karakter siswa mengunakan
format penilaian serta melakukan pengamatan secara langsung terhadap kegiatan
siswa baik dalam kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler.
Untuk itu disarankan: (1) bagi siswa diharapkan dapat memberikan
pencerahan dalam merubah sikap dan perilaku menjadi lebih baik serta dapat
melaksanakan dan mematuhi tata tertib yang dibuat oleh sekolah. (2) bagi guru
diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber panduan untuk lebih bertanggung jawab
melaksanakan tugas sebagai pendidik khususnya membina siswa agar berperilaku
lebih baik lagi. (3) bagi kepala sekolah diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber
panduan dalam mempertimbangkan pengambilan keputusan terkait pembinaan
karakter disekolah. (4) untuk diknas dikbud dapat dijadikan masukan serta
pertimbangan terutama dalam pembuatan kebijakan pembinaan karakter siswa di
jenjang sekolah SMA.
Kata Kunci: Pembinaan, Karakter Siswa, Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, Kokurikuler
Download berkas