SKRIPSI

Penulis / NIM
SALMEI A. DUKALANG / 131410037
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
ABSTRAK Salmei A. Dukalang. 2015. Penerapan Prinsp-Prinsip Manajemen Mutu Pendidikan di SMA Negeri 3 Gorontalo. skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Dr. Phil. Hi Ikhfan Haris, M.Sc Pembimbing II Dr. Hj Fory A. Naway, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu pendidikan di SMA Negeri 3 Gorontalo. 2) prinsip-prinsip yang belum terlaksana dalam manajemen mutu pendidikan di SMA Negeri 3 Gorontalo. 3) manfaat penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu pendidikan di SMA Negeri 3 Gorontalo. 4) kendala-kendala apa saja yang menghambat penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu pendidikan di SMA Negeri 3 Gorontalo. 5) upaya-upaya yang dilakukan untuk penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu pendidikan di SMA Negeri 3 Gorontalo. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu pendidikan keseluruhannya sudah diterapkan dan dijalankan dengan persentase 84,03 % berada pada kategori baik, prinsip-prinsip manajemen mutu pendidikan keseluruhannya sudah diterapkan dan sudah terlaksana berdasarkan fokus penelitian dari empat belas prinsip yaitu dua belas prinsip berada pada kategori baik dan dua prinsip berada pada kategori sangat baik, Manfaat penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu pendidikan adalah meningkatnya kedisiplinan dan meningkatnya mutu dan dapat menjadi salah satu contoh yang baik terhadap sekolah lain yang ada di Provinsi Gorontalo, Kendala-kendala terhadap penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu pendidikan yaitu kurangnya apresiasi warga sekolah terhadap kualitas dan produktivitas manajemen mutu. Kepala sekolah berupaya membuat strategi untuk mendorong setiap guru berpartisipasi menjadi satu tim agar dapat membuat tranformasi/perubahan kearah yang lebih baik terhadap stakeholder untuk membudayakan mutu di sekolah dan membuat perubahan terhadap penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu pendidikan yang bisa membawah nama baik sekolah kejenjang lebih baik untuk peningkatan mutu di sekolah. Peneliti ini menyarankan: 1) Bagi sekolah penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu pendidikan di upayakan sesuai dengan tujuan yang diterapkan untuk dapat meningkatkan mutu di sekolah. 2) Bagi Dinas Pendidikan perlu memperhatikan pelaksanaan dan tujuan penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu pendidikan di SMA Negeri 3 Gorontalo. 3) Bagi peneliti dapat memperluas wawasan yang berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen mutu pendidikan di sekolah. Kata kunci : Prinsip, Manajemen Mutu, Pendidikan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011