Penulis / NIM
HASVIN MOODUTO / 131410054
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK
Hasvin Mooduto, 2014. Hubungan Kompetensi Profesional Guru dan Iklim Pembelajaran dengan Motivasi Berprestasi Siswa Di SDN Se-Kecamatan Bolaang Uki. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. PembimbingI: Prof. Dr. H. Abdul KadimMasaong, M.Pd Pembimbing II: Dr. ArifinSuking, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan kompetensi profesional dan iklim pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa di SDN Se-Kecamatan Bolaang Uki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional dengan motivasi berprestasi siswa di SDN Se-Kecamatan Bolaang Uki. Dengan persaman regresi linier diperoleh nilai koofisien korelasi 0,688. 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara iklim pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa di SDN Se-Kecamatan Bolaang Uki. Dengan persamaan regresi linier diperoleh nilai koofisien korelasi 0.680. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional dan iklim pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa di SDN Se-Kecamatan Bolaang Uki. Dengan persamaan regresi linier diperoleh nilai koofisien korelasi 0,751.
Kata kunci : Kompetensi profesional, iklim pembelajaran, motivasi berprestasi siswa
Download berkas