Penulis / NIM
DAVID LASABA / 131410069
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVIANTY DJAFRI, S.Pd.I, M.Pd.I / 0023117405
Abstrak
ABSTRAK
David Lasaba. 2014 .Pengembangan Life Skill (Kecakapan Hidup) Siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asrin, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Novianty Djafry, M.Pd.I
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk memperoleh gambaran tentang Pengembangan Kecakapan Personal Siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo. (2) Untuk memperoleh gambaran tentang Pengembangan kecakapan sosial siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo. (3) Untuk memperoleh gambaran Pengembangan Kecakapan Akademik Siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo. (4) Untuk memperoleh gambaran tentang pengembangan Kecakapan Vokasional Siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, observasi, dan dokumen, jenis penelitian menggunakan rancangan studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan kecakapan personal siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo yakni diperluas melalui program kecakapan siswa dalam mengenal diri (self awareness skill) dan program kecakapan berpikir (thinking skill) siswa dengan melibatkan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah sebagai pimpinan. (2) Pengembangan kecakapan sosial siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo yakni diperluas melalui program kecakapan berkomunikasi (communications skill) dan program kecakapan bekerja sama (colaborations skill) bagi siswa dimana seluruh stakeholder sekolah dilibatkan dalam pengembangan kecakapan sosial siswa (3) Pengembangan kecakapan akademik siswa di SMA Negeri 3 Gorontalo yakni diperluas melalui pembinaan debat bahasa inggris, program kelas akselerasi, penelitian ilmiah remaja, dan pelaksanan praktikum pada mata pelajaran IPA. (4) Pengembangan kecakapan vokasional yakni (a) pengembangan kecakapan vokasional siswa diintegrasikan kedalam program ekstrakurikuler sekolah berupa ekstrakurikuler kepramukaan dan kesenian.
Untuk itu disarankan: (1) Untuk siswa dapat memberikan sumber informasi tentang pedoman pengembangan Life Skill siswa secara baik dan harus selalu mengkoordinasikan setiap kegiatan atau program Life Skill dengan pihak guru dan kepala sekolah. (2) Untuk Kepala sekolah dapat memberikan sebuah informasi bahwa pengembangan Life Skill siswa di sekolah harus dijalankan sebagaimana mestinya serta tidak hanya terfokus pada satu kegiatan pengembangan Life Skill siswa. (3) Bagi peneliti dapat dijadikan pedoman untuk penelitian dimasa mendatang.
Kata Kunci : Pengembangan, Life Skill, Kecakapan Personal, Kecakapan Sosial, Kecakapan Akademik, Kecakapan Vokasional
Download berkas