SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI MOHAMAD / 131410074
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MEITY MONONIMBAR, M.Pd / 0024055602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Abstrak
ABSTRAK Siti Mohamad. 2014. Hubungan Supervisi Akademik Dengan Kinerja Guru diSMP se-Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra.Meity Mononimbar, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Fory Armin Nawai, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Hubungan Supervisi Akademik Dengan Kinerja Guru di SMP se-Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) kinerja guru di SMP se-Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo berada pada kategori sedang, hal ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan proses pembelajaran ada guru kurang kompoten dalam menyajikan materi sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang diharapkan, dan dalam menerapkan alokasi waktu masih ada juga guru yang terlambat masuk kelas saat mengajar sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang diharapkan. (2) supervisi akademik di SMP se-Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan dengan adanya kurang pengawasan kepala sekolah terhadap guru-guru sebagai pengajar dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran sehingga berdampak pada keberhasilan pencapaian tujuan dan keefektifan proses pembelajaran yang dilaksanaakan. (3) bahwa tedapat hubungan yang berarti antara kinerja guru dengan supervisi akademik di SMP se-Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Dengan demikian maka supervisi akademik yang ada di SMP se-Kecamatan Telaga perlu terus diperbaiki dan ditingkatkan sehingga mampu meningkatkan kinerja guru di SMP se-Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Terkait temuan tersebut disarankan; (1) bagi Dinas pendidikan hendaknya memberikan perhatian dan dukungan terhadap peningkatan kinerja guru melalui supervisi akademik. (2) pengawas sekolah diharapkan selalu berupaya dalam melaksanakan supervisi akademik dengan cara menjalin hubungan atau komunikasi yang baik dengan guru dan kepala sekolah. (3) untuk Kepala sekolah, sebaiknya melakukan kegiatan, seperti mengawasi kegiatan belajar mengajar, memberikan motivasi kepada guru, membantu guru dalam setiap permasalahan yang berkaitan dengan belajar mengajar. (4) untuk kinerja guru, dalam rangka menghasilkan kinerja yang baik, maka guru harus lebih memiliki beberapa kemampuan seperti mampu mengelola kelas, mampu menyajikan materi dan menggunakan media maupun metode pembelajaran. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Guru
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011