Penulis / NIM
SARLINA DJAFAR / 131411002
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
ABSTRAK
Sarlina. Djafar. 2017. Budaya Sekolah Di MTS Al-Huda Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan II : Dr. Hi.Fory A.Naway, M.Pd dan Dr. Arifin Suking, S.Pd,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tentang pengembangan budaya sekolah pada kegiatan Intrakurikuler, (2) mengetahui tentang pengembangan budaya sekolah pada kegiatan Ekstrakulikuler, (3) mengetahui simbol-simbol budaya sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian kualitatif yang diguanakan dalam penelitian ini adalah studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pengembangan budaya sekolah dalam kegiatan intrakurikuler dalam hal ini pembelajaran di dalam kelas dan diluar kelas antara lain pembelajaran didalam kelas mengacu pada kurikulum 2013 dan guru membiasakan siswa memberi salam, sebelum belajar berdoa dan memberikan motivasi yang positif. Dalam pelakasanaan pembelajaran diluar kelas kebanyakan hanya pembentukan tingkah laku, sikap, saling menghormati, menghargai. Sedangkan dalam pengembangan budaya sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler yaitu keolahragaan kegiatan kegiatan pramuka, kegiatan kerohanian, (2) Dalam pengembangan budaya sekolah dalam kegiatan ekstrakulikuler yaitu keolahragaan kegiatan-kegiatan pramuka, kegiatan kerohanian. (3) Simbol-Simbol Budaya budaya sekolah antara lain, budayakan hidup bersih, indah, sehat dan menarik, tiada yang lebih utama sesudah pekerjaan fardhu selain menuntut ilmu.
Untuk itu di sarankan kepada (1) kepala sekolah, agar lebih mengembangakan budaya sekolah khususnya budaya sekolah sebab pembentukan kecerdasan siswa bukan hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual tetapi harus diimbangi dengan kecerdasan emotional dan spritual sehingga dapat membentuk pribadi yang berpekerti luhur. (2) Guru, dapat mendukung segala program yang dibuat oleh kepala sekolah yang menyangkut pengembangan budaya sekolah agar dapat menanamkan nilai-nilai budaya melalui proses pembelajaran. peneliti, diharapkan karya ilmiah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman tentang pengembangan budaya sekolah.
Kata kunci : Budaya Sekolah, Simbol-simbol Budaya
Download berkas