SKRIPSI

Penulis / NIM
WULANDARI MADJID / 131411012
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK WULANDARI MADJID, Skripsi Kompetensi Professional Pengawas, studi kasus di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bone Bolango (Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2015). Pembimbing I dan II: Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd dan Warni Tune Sumar, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang kompetensi professional pengawas dalam hal pemantauan terhadap kemampuan guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data ditempuh dengan tiga cara yaitu,observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pengawas dalam (1) Pelaksanaan pengelolaan program sekolah dalam menyusun perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, prota dan prosem dilakukan oleh pengawas melalui kegiatan MGMG dan kegiatan KKG. Dimana Kegiatan MGMP merupakan kegiatan pada tingkat SMA dan SMP sedangkan kegiatan KKG merupakan kegiatan pada tingkat SD, (2) Pemantauan kegiatan supervisi dalam mengukur prestasi guru, pengawas menilai atau mengukur sesuai dengan format-format penilaian dengan melihat poin-poin dalam pembelajaran yang akan dinilai, (3) Melakukan evaluasi penilaian kinerja guru, pengawas melihat dari proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas seperti pada saat guru memulai pembelajaran, kemudian pada kegiatan inti dan sampai pada kegiatan penutup, apabila terdapat kekurangan maka pengawas sebagai gurunya guru mengarahkan dan memperbaiki kekeliruan yang ada, (4) Kegiatan pelaporan hasil pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan oleh pengawas setiap persemester, akhir semester, dan pada akhir tahun ajaran, dan (5) Tindak lanjut kegiatan pengawasan yaitu pengawas melakukan kegiatan perbaikan terhadap temuan-temuan dilapangan. Salah satunya yaitu perbaikan terhadap proses pembelajaran seperti pada penggunaan media pembelajaran, dan kesiapan guru dalam mengajar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Dinas pendidikan: untuk menambah kajian dan data tentang pentingnya kegiaatan pengawasan, (2) Bagi Pengawas agar menjadikan kegiatan pengawasan sebagai kegiatan yang wajib dan harus sesering mungkin dilakukan agar lebih kreatif kedepanya, (3) Peneliti: diharapkan dapat menjadi informasi serta pengetehuan bagi peneliti dalam hal pengawasan. Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Pengawas
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011