Penulis / NIM
FIDYAWATI Y BINA / 131411022
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. NINA LAMATENGGO, SE, M.Pd / 0007126605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Abstrak
ABSTRAK
Fidyawati Y. Bina, Skripsi Pengembangan Budaya Sekolah Berbasis ESQ Di SMP Negeri 1 Gorontalo ( Jurusan Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo ). Pembimbing I dan II : Dr. Hj. Nina Lamatenggo, SE, M.Pd dan Dr. Asrin, M.Pd
Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui tentang pengembangan budaya sekolah berbasis ESQ pada kegiatan Intrakurikuler, (2) mengetahui tentang pengembangan budaya sekolah berbasis ESQ pada kegiatan Ekstrakurikuler, (3) mengetahui simbol-simbol budaya sekolah berbasisi ESQ, (4) mengetahui faktor pendukung dalam pengembangan budaya sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, jenis penelitian menggunakan rancangan studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pengembangan budaya sekolah melalui kegiatan intrakurikuler dalam hal ini pembelajaran di dalam kelas dan diluar kelas antara lain pembelajaran didalam kelas mengacu pada kurikulum 2013 dan guru membiasakan siswa memberi salam, sebelum belajar berdoa dan memberikan motivasi yang positif. Dalam pelakasanaan pembelajaran diluar kelas kebanyakan hanya pembentukan tingkah laku, sikap, saling menghormati, menghargai. (2) dalam pengembangan budaya sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler yaitu keolahragaan kegiatan kegiatan pramuka, kegiatan kerohanian, (3) Simbol-Simbol Budaya budaya sekolah berbasis ESQ antara lain, budayakan hidup bersih, indah, sehat dan menarik, tiada yang lebih utama sesudah pekerjaan fardhu selain menuntut ilmu. (4) faktor pendukung dalam pengembangan budaya sekolah berbasis ESQ yaitu faktor internal dan eksternal
Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan kepada kepala sekolah, agar lebih mengembangakan budaya sekolah khususnya budaya sekolah berbasis ESQ sebab pembentukan kecerdasan siswa bukan hanya ditentukan oleh kecerdasan intelektual tetapi harus diimbangi dengan kecerdasan emotional dan spritual sehingga dapat membentuk pribadi yang berpekerti luhur. Guru, dapat mendukung segala program yang dibuat oleh kepala sekolah yang menyangkut pengembangan budaya sekolah berbasis ESQ agar dapat menanamkan nilai-nilai budaya melalui proses pembelajaran. peneliti, diharapkan karya ilmiah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman tentang pengembangan budaya sekolah berbasis ESQ.
Kata kunci : budaya sekolah, kecerdasan emosional dan kecerdasan spritual
Download berkas