Penulis / NIM
ZEIN TANIYO / 131411024
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASRIN, M.Pd / 0031127115
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Zein Taniyo, 2015.Hubungan Kepemimpinan Gurudengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Tilamuta. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asrin, S.Ag, M.Pd, dan Pembimbing II Warni Tune Sumar, S.Pd M.Pd.
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Kepemimpinan Guru, 2) Motivasi Belajar Siswa, dan 3) Hubungan Kepemimpinan Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Tilamuta.
Metode dalam penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kusioner (angket)yang terdiri dari dua variabel, dan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data serta pengujian hipotesis yaitu perhitungan koefisien korelasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kepemimpinan Guru termasuk dalam kategori baik, 2) Motivasi Belajar Siswa termasuk dalam kategori baik, 3) Terdapat hubungan yang baik antara Pendekatan Kepemimpinan Guru dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Se Negeri 1 Tilamuta sebesar 92,16% .
Saran-saran : 1) Bagi Kepala Sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan agar diharapkan mampu mengelola dan memanfaatkan kepemimpinan Guru dengan baik dalam memotivasi belajar siswaagar kepala sekolah bisa mengembangkan sekolah yang dipimpinnya, 2) Bagi guru diharapkan kontribusi dari penelitian ini menambah wawasan pengetahuan tentang kepemimpinan guru dalam motivasi belajar siswa, dan hendaknya para gurumemberikan motivasi belajar terhadap siswa-siswi agar memperoleh prestasi yang membanggakan,3) BagiDinas Pendidikan agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kepemimpinan guru dengan mengadakan seminar-seminar tentang peranan kepemimpinan guru dengan memberikan kesempatan pada guru melakukan konsultasi psikologi dengan melakukan tes psikologi, 4) Bagi Peneliti agar peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih banyak lagi dari pengembangan aspek-aspek kepemimpinan guru dan faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.
Kata Kunci :Kepemimpinan Guru , Motivasi Belajar Siswa.
Download berkas