Penulis / NIM
RASNI HABIBA / 131411042
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ABDUL KADIM MASAONG, M.Pd / 0014116106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FADLIAH, M.Si / 0014025505
Abstrak
Rasni Habiba. 2015. Efektivitas Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Kadim Masaong, S.Pd, M.Pd Pembimbing II Dr. Fadliah, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) efektivitas penerapan prinsip Kemandirian di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, 2) efektivitas penerapan prinsip Keadilan di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, 3) efektivitas penerapan prinsip Kemitraan di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, 4) efektivitas penerapan prinsip Keterbukaan di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, 5) efektivitas penerapan prinsip Partisipasi di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, 6) efektivitas penerapan prinsip Efesiensi di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, 7) efektivitas penerapan prinsip Akuntabilitas di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif jenis deskriptif eksplanatori. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan prinsip kemandirian berada pada kategori efektif, 2) penerapan prinsip keadilan berada pada kategori efektif, 3) penerapan prinsip kemitraan berada pada kategori sangat efektif, 4) penerapan prinsip keterbukaan berada pada kategori sangat efektif, 5) penerapan prinsip partisipasi berada pada kategori efektif, 6) penerapan prinsip efisiensi berada pada kategori efektif, dan 7) penerapan prinsip akuntabilitas berada pada kategori sangat efektif. Penerapan prinsip-prinsip MBS di SD Negeri 30 Kota Selatan Kota Gorontalo berada pada kategori sangat efektif, sehingga perlu untuk ditingkatkan dan dipertahankan. Untuk itu disarankan: 1) bagi Dinas Pendidikan diharapkan kiranya lebih memberi ruang gerak yang maksimal kepada kepala sekolah serta mengintensipkan penerapan prinsip MBS, 2) bagi kepala sekolah, diharapkan kiranya dapat lebih meningkatkan pelaksanaan implementasi prinsip-prinsip MBS, 3) bagi guru diharapkan agar lebih meningkatkan keberanian dalam mengimplementasikan apa yang harus ditanamkan pada peserta didik, 4) bagi peneliti diharapkan lebih menajamkan kembali penelitiannya, khususnya terhadap aspek-aspek yang belum tersentuh oleh penelitian ini utamanya tentang efektivitas penerapan prinsip-prinsip manajemen berbasis sekolah.
Kata Kunci : Efektivitas , Prinsip-Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah
Download berkas