Penulis / NIM
FITRIANI MAMONTO / 131411043
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. Hi. MOHAMMAD POLINGGAPO, S.Sos, M.Pd / 0003065504
Abstrak
ABSTRAC
Fitriani Mamonto, 2015. "Evaluasi Implementasi Program kelompok kerja guru (KKG) Sekolah Dasar di Gugus Se kecamatan Sipatana Kota Gorontalo". Pembimbing I, Bapak Prof.Dr.H.Ansar.S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II, Bapak Drs.H.Mohammad Polinggapo, S.Sos,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) penyusunan program KKG, 2) Kegiatan program KKG, 3) SOP Program KKG 4) Evaluasi Pelaksanaan Program KKG. Desain penelitian ini bersifat studi evaluasi dengan jenis deskriptif menggunakan model evaluasi CIPP (context,input,process,produck). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penyusunan Program Kelompok kerja guru (KKG) dilihat dari aspek Konteks (Kebutuhan) telah dilakukan dengan baik, 2) Narasumber, Guru, kurikulum, sebagai Input (Masukan) dari kegiatan Program KKG sudah dilakukan dengan baik sesuai yang diharapkan, 3) Standar Operasional (SOP) sebagai (Process) Program KKG telah berjalan dengan baik, 4) Evaluasi Pelaksanaan kegiatan Program Kelompok kerja guru (KKG) dilihat dari aspek Produk (Hasil) telah dilaksanakan dengan baik dan berjalan sesuai tujuan dari KKG. Disarankan : 1) Bagi Guru agar dapat menjalankan dan melaksanakan kegiatan KKG dengan baik, 2) Bagi sekolah agar lebih mengarahkan guru-guru untuk dapat mengikuti program kegiatan KKG, guna mencapai kompetensi yang lebih baik, 3) Bagi penulis semoga dapat mengambil pengalaman dari program KKG tersebut untuk dijadikan referensi apabila suatu hari penulis menjadi seorang guru, 4) Semoga program ini dapat dijadikan bahan masukan bagi guru-guru yang melaksanakan kegiatan KKG.
Kata Kunci : Evaluasi, Implementasi, Program, KKG
Download berkas