Penulis / NIM
ASWINAR ABDULLAH / 131411049
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. FORY ARMIN NAWAI, M.Pd / 0026056804
Pembimbing 2 / NIDN
WARNI TUNE SUMAR, S.Pd, M.Pd / 0024037003
Abstrak
ABSTRAK
Aswinar abdullah. 131 411 049. Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kompetensi Sosial Guru di Mit Al- Ishalah Kota Gorontalo Skripsi Program Studi S1 Manajemen pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo , Pembimbing 1Dr. Fory A Naway, S.Pd, M.Pd dan pembimbing 11 Dr.Warni T. Sumar S.Pd M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi kepala sekolah dalam merencanakan peningkatan kompetensi sosial Guru Di Mit Al - Ishlah Kota Gorontalo (2) strategi kepala sekolah dalam melaksanakan peningkatan kompetensi sosial Guru Di Mit Al - Ishlah Kota Gorontalo (3) strategi kepala sekola dalam mengevaluasi peningkatan kompetensi sosial Guru Di Mit Al - Ishlah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif teknik pengumpulan dengan metode kuesioner kepada guru. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Rata-rata skor fokus Strategi kepala sekolah dalam merencanakan peningkatan kompetensi sosial Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ishlah Kota Gorontalo terletak pada kriteria yang "Baik Hal ini menunjukan bahwa Kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al-Ishlah Kota Gorontalo merencanakan dengan matang berbagai upaya dalam peningkatan kompetensi sosial guru dimana proses perencanaan disesuaikan dengan visi dan misi, tingkat kompetensi guru hingga pada sasaran pengembangan yang akan dilakukan melalui berbagai program unggulan. (2) Rata-rata skor Strategi kepala sekolah dalam melaksanakan peningkatan kompetensi sosial Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ishlah Kota Gorontalo terletak pada kriteria yang Baik Hal ini menunjukan bahwa pelasakaan strategi peningkatan kompetensi sosial guru dilakukan oleh kepala sekolah dengan memaksimalkan perannya untuk memberikan arahan dan otivasi kepada para guru serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan sosial dari guru.(3)Strategi kepala sekolah dalam mengevaluasi peningkatan kompetensi sosial Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ishlah Kota Gorontalo terletak pada kriteria yang Baik Hal ini menunjukan bahwa kepala sekolah secara rutin dan berkala melakukan evaluasi dari pelaksanaan peningkatan kompetensi guru dalam aspek sosial, dengan evaluasi tersebut maka diharapkan perencanaan dan pelaksanaan selanjutnya akan lebih baik dan lebih optimal sehingga guru akan lebih kompeten dari aspek sosialnya.
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Sosial
Download berkas