Penulis / NIM
NURLIANTI MANG / 131411058
Program Studi
S1 - MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. phil. IKHFAN HARIS, M.Sc / 0021116705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ARIFIN SUKING, S.Pd, M.Pd / 0005077604
Abstrak
Nurlianti Mang. 2015, Strategi Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan Komite Sekolah di SDN 4 Tilango. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan II:
Dr. phil. Hi. Ikhfan, M.Sc dan Dr. Arifin Suking, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi kepala sekolah memberdayakan komite sekolah dalam memberikan pertimbangan untuk pengembangan sekolah, (2) mengetahui strategi kepala sekolah memberdayakan komite sekolah dalam mendukung pengembangan sekolah, (3) mengetahui strategi kepala sekolah memberdayakan komite sekolah dalam menjalankan fungsi kontrol di SDN 4 Tilango, dan (4) mengetahui strategi kepala sekolah memberdayakan komite sekolah dalam memediasi sekolah dengan stakeholder. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai pengamat utama atau pengamat partisipatif yang berpartisipasi secara penuh mengamati setiap program, kegiatan dan hal-hal lain yang diperlukan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah telah memberikan peran atau kontribusinya dengan baik dalam penyelenggaraan sekolah terkait dengan peran komite sekolah. Berbagai peran komite sekolah yang telah dijalankan oleh kepala sekolah antara lain menjalankan fungsinya dalam memberikan berbagai pertimbangan semua aspek untuk pengembangan sekolah, menjalankan fungsinya dalam mendukung pengembangan sekolah, menjalankan fungsinya sebagai agen pengontrol di sekolah, dan telah menerapkan strategi yang baik dalam memberdayakan komite sekolah sebagai mediator antara sekolah dengan stakeholder sekolah.
Kata Kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Pemberdayaan, Komite Sekolah.
Download berkas